Pasar Musik Indonesia Mulai Tinggalkan Cover Lagu, Konsumen Pilih yang Original

Galih Wisma ยท Minggu, 26 Juni 2022 - 22:18:00 WIB
Pasar Musik Indonesia Mulai Tinggalkan Cover Lagu, Konsumen Pilih yang Original
Ave Zora didampingi Yunan Helmi meluncurkan single kedua berjudul Dirimu. (Foto: istimewa)

SLEMAN, iNews.id - Pencipta lagu Yunan Helmi melihat ada perubahan tren musik yang diminati masyarakat Indonesia. Jika sebelumnya marak dengan cover lagu orang lain, maka tahun ini bergeser ke lagu original. 

“Tahun ini lagu original akan lebih disukai masyarakat yang mulai jenuh dengan cover lagu,” Yunan Helmi, dalam peluncuran single kedua solois muda Averina Zora bertajuk Dirimu, di Jogja, Sabtu (25/6/2022).

Pemilik Presiden Musikindo ini melihat, pada 2017-an banyak musisi memilih cover lagu orang lain secara liar tanpa membayar royalti. Namun belakangan cara seperti ini rawan dengan konsekuensi hukum, setelah banyak pencipta lagu yang komplain. Permasalahan inipun menuai kontroversi di dunia musik, sehingga banyak cover lagu yang di take down. 

“Lambat laun cover lagu akan mati dengan sendirinya. Banyak musisi sekarang memilih membawakan lagunya sendiri,” katanya. 

Helmi mengaku sengaja menciptakan lagu Dirimu untuk Averina atau Ave Zora. Lagu ini cukup menarik dibawakan Ave Zora yang masih remaja dengan tema percintaan remaja.  

“Sekarang yang dibutuhkan industri lagu original yang cepat. Saya yakin sampai 2024 lagu original tetap akan menarik," kata Helmi yang banyak menciptakan lagu anak dan mengorbitkan anak dan remaja menjadi penyanyi.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: