Pascabanjir Lahar, Pemkab Sleman Kebut Perbaikan Jaringan Air Bersih di Lereng Merapi

Kuntadi ยท Rabu, 08 Desember 2021 - 23:00:00 WIB
Pascabanjir Lahar, Pemkab Sleman Kebut Perbaikan Jaringan Air Bersih di Lereng Merapi
Warga memperbaiki pipa air bersih di lereng Merapi pasca banjir lahan. (Foto: istimewa)

SLEMAN, iNews.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman terus memperbaiki jaringan pipa air bersih di sekitaran Kali Boyong dan Kali Kuning yang rusak diterjang banjir lahan dingin. Perbaikan dilakukan untuk mengantisipasi terjdinya banjir lahan susulan.  

“Satu hari pascakejadian banjir lahan, langsung dilakukan perbaikan bersama dengan masyarakat,” kata Bupati Sleman  Kustini Sri Purnomo, Rabu (1/12/2021).
 
Menurutnya, perbaikan ini untuk menjamin pasokan air bersih tetap maksimal. Selain itu juga dilakukan upaya perbaikan pada sumber air bersih dengan melakukan pengamanan menggunakan bronjong atau tanggul untuk menahan sumber air bersih dari terjangan banjir lahar

Seperti yang dilakukan di sendang Wadon dan Lanang di Kali Kuning, Umbulharjo. Perbaikan menggunakan peralatan untuk membantu proses pembuatan bronjong. Pengamanan dilakukan untuk menjaga mata air dan pipa yang masih ada dipindah ke tempat yang lebih tinggi agar aman.

Pemkab Sleman juga masih menaruh perhatian kepada warga yang belum bisa mengakses air bersih dari lereng Merapi. Droping air bersih dilakukan kepada masyarakat hingga 100 ribu liter air. Droping air bersih akan tetap dilakukan hingga air dari lereng Merapi dapat kembali mengalir ke rumah-rumah warga.

“Droping akan dilakukan sampai jaringan air bersih kembali normal. Kami akan pantau terus suplai airnya,” ujarnya.  

Editor : Kuntadi Kuntadi

Bagikan Artikel: