Patung Pengendang Gunungkidul Diganti Tobong Gamping, Warga: Nilai Estetikanya Kurang

erfan erlin ยท Kamis, 22 September 2022 - 08:12:00 WIB
Patung Pengendang Gunungkidul Diganti Tobong Gamping, Warga: Nilai Estetikanya Kurang
Pemkab Gunungkidul akan merevitalisasi wajah kota dengan mengganti patung pengendang dengan tugu tobong gamping. (foto: MPI/Erfan Erlin)

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul melakukan penataan wajah Kota Wonosari, Ibukota Gunungkidul dengan mengganti Patung Pengendang dengan Tugu Tobong Gamping, terus menuai kritik dari masyarakat. Bangunan tobong yan biasanya dipakai perajin untuk merubah batu kapur menjadi gamping dirasa tidak memenuhi unsur estetika. 

Pengusaha Tobong Gamping Wardoyo, mengatakan tobong gamping sebenarnya tidak pas dipakai sebagai tugu selamat datang.  

"Ya sebetulnya kurang pantas. Malah lebih bagus Patung Pengendang itu, kalau perlu malah dibesarin (patungnya)," ujar warga Kajar, Karangtengah, Wonosari ini, Kamis (22/9/2022).

Meski begitu, Wardoyo menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah. Sebagai warga biasa suaranya tidak akan bisa dijadikan dasar rujukan atau pertimbangan. Namun sebaiknya ada revisi desain terlebih dahulu terkait bangunan Tobong Gamping.

Ia berharap agar desain Tobong Gamping nanti lebih estetik dan tidak perlu ukuran yang besar. Karena jika menilik ukuran aslinya, maka Tobing Gamping justru akan menghalangi pandangan para pengguna jalan yang akan melintas.

"Ya mungkin miniaturnya saja. Tidak perlu yang besar, kalau punya saya kan ukuran 6x6," ujarnya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: