PBB Pastikan Wartawan Al Jazeera Ditembak Mati Tentara Israel

Anton Suhartono ยท Sabtu, 25 Juni 2022 - 08:28:00 WIB
  PBB Pastikan Wartawan Al Jazeera Ditembak Mati Tentara Israel
Kantor HAM PBB mememastikan kematian jurnalis Al Jazeera Shireen Abu Akleh akibat tembakan tentara zionis Israel. (Foto: Reuters)

JENEWA, iNews.id - Polemik terkait siapa penembak wartawan Al Jazeera Shireen Abu Akleh pada Mei lalu terjawab sudah. Kantor HAM PBB mememastikan kematian jurnalis Al itu akibat tembakan Pasukan Pertahanan Israel (IDF). 

Wartawati yang bernasib tragis itu ditembak mati di bagian kepala pada 11 Mei saat meliput bentrokan pasukan zionis Israel dengan warga Palestina di Kota Jenin, Tepi Barat.

"Sangat mengganggu, pihak berwenang Israel tidak melakukan penyelidikan kriminal," kata Juru Bicara kantor HAM PBB, Ravina Shamdasani, di Jenewa, Swiss, Jumat (24/6/2022), seperti dikutip dari Reuters.

Kantor HAM PBB telah melakukan pemantauan sendiri atas insiden tersebut serta memeriksa materi foto, video, dan audio, yang dikumpulkan dari para saksi serta pihak lain.

Tim HAM PBB juga telah mengunjungi tempat kejadian, berkonsultasi dengan para ahli, serta meninjau komunikasi resmi dan mewawancarai saksi.

“Semua informasi yang kami kumpulkan, termasuk informasi resmi dari militer Israel dan jaksa agung Palestina, konsisten dengan temuan bahwa tembakan yang menewaskan Abu Akleh dan melukai rekannya, Ali Sammoudi, berasal dari Pasukan Keamanan Israel, bukan dari tembakan sembaran oleh (kelompok) bersenjata Palestina, seperti yang diklaim otoritas Israel," katanya.

Hasil temuan tim PBB, tidak ada peringatan yang dikeluarkan oleh pasukan Israel dan tidak ada pihak lain yang melepaskan tembakan di lokasi itu pada saat yang sama

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: