PBB Sebut Korea Utara Terus Kembangkan Senjata Nuklir dan Rudal

Anton Suhartono ยท Sabtu, 07 Agustus 2021 - 18:50:00 WIB
 PBB Sebut Korea Utara Terus Kembangkan Senjata Nuklir dan Rudal
Korea Utara terus mengembangkan senjata nuklir dan rudal balistik pada semester pertama 2021. (Foto: Reuters). (foto: Reuters)

NEW YORK, iNews.id - Korea Utara (Korut) masih mengembangkan program nuklir dan rudal balistik selama semester pertama 2021. Padahal kondisi perekonomian negara itu terus memburuk yang memicu kelaparan di masyarakat.

Laporan terbaru PBB mengungkap, Korut terus mencari material serta teknologi di luar negeri untuk mengembangkan persenjataannya.

"Meskipun neara itu fokus pada kondisi ekonomi yang memburuk, Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK/Korut) masih mempertahankan dan mengembangkan program nuklir dan rudal balistiknya," demikian isi laporan tim panel independen pemantau sanksi Korut kepada Dewan Keamanan PBB seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (7/8/2021).

Kondisi perekonomian terus memburuk akibat pandemi Covid-19 serta bencana alam. Negara itu mengunci perbatasannya sehingga memangkas akses perdagangan dan bantuan, semakin memukul perekonomian negara yang sudah ambruk akibat sanksi internasional.

"Dengan perdagangan yang terhenti karena blokade (Covid) dan panen tahun lalu yang sangat terpengaruh akibat banjir, meningkatkan kemungkinan meluasnya kemiskinan populasi DPRK saat ini," bunyi laporan.

Pada Juni, pemimpin Korut Kim Jong Un mengatakan, negara menghadapi situasi pangan yang tegang dan sangat mengandalkan hasil panen tahun ini.

Korut dijatuhi sanksi PBB sejak 2006 terkait program nuklir dan rudal balistiknya. Sejak itu Dewan Keamanan PBB terus menambah sanksi dengan tujuan memangkas pendanaan untuk program-program tersebut.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: