Pelabuhan Tanjung Adikarto Tak Kunjung Selesai, Pemda DIY Lirik Pantai Gesing

Antara ยท Selasa, 03 November 2020 - 23:00:00 WIB
Pelabuhan Tanjung Adikarto Tak Kunjung Selesai, Pemda DIY Lirik Pantai Gesing
Nelayan Gunung Kidul membutuhkan pelabuhan. (Foto ANTARA/Sutarmi)

YOGYAKARTA, iNews.id - Pemda DIY tengah melirik Pantai Gesing di Panggang, Gunungkidul untuk dijadikan alternatif pelabuhan perikanan. Ini menyusul tak kunjung selesainya proyek pembangunan Pelabuhan Tanjung Adikarto di Kulonprogo.

Gubernur DIY Sri Sultan HB X berharap rencana pembangunan pelabuhan di kawasan Pantai Gesing ini dapat menjadi alternatif pelabuhan perikanan di daerah ini sehingga kapal nelayan dengan ukuran kecil hingga besar dapat berlabuh.

"Kami coba mengembangkan di Gesing dengan harapan ada alternatif kapal yang bisa mendarat," kata Sultan HB X di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Selasa.

Menurut Sultan, Pemda DIY perlu mengembangkan Pelabuhan Perikanan di Gesing karena pembangunan pelabuhan serupa yakni Pelabuhan Tanjung Adikarto di Kabupaten Kulon Progo yang telah dimulai sejak 2004 tidak kunjung selesai.

Apalagi, kelanjutan pembangunan Pelabuhan Tanjung Adikarto, menurut dia, hingga saat ini masih menunggu kepastian pembiayaan dari Kementerian Keuangan karena kajiannya belum selesai.

"Kita coba dulu (membangun pelabuhan perikanan di Gesing) karena kita punya problem di Adikarto," kata Sultan.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2