Pelajar SMP di Kulonprogo Akan Dites Usap Secara Acak

Antara ยท Rabu, 03 November 2021 - 14:00:00 WIB
Pelajar SMP di Kulonprogo Akan Dites Usap Secara Acak
Sekolah di Kulonprogo menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Pemkab juga akan melakukan tes usap secara acak untuk memastikan PTM berjalan aman. (Foto : Antara)

KULONPROGO, iNews.id - Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kulonprogo akan dites usap secara acak oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Langkah ini untuk memastikan bahwa pembelajaran tatap muka berjalan lancar dan aman tanpa menimbulkan klaster penyebaran Corona.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kulonprogo Baning Rahayujati mengatakan capaian vaksinasi pelajar tingkat SMP di atas 85 persen, sehingga sekolah diperbolehkan menyelenggarakan pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas.

"Untuk mendukung pelaksanaan PTM, kami akan melakukan tes usap secara acak untuk tingkat SMP. Rencananya, kegiatan tes usap baru akan dikoordinasikan dengan petugas kesehatan dan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) dalam minggu ini," katanya di Kulonprogo, Rabu (3/11/2021).

Ia mengharapkan tes usap memberikan rasa aman kepada orang tua siswa, bahwa PTM berjalan memenuhi standar operasional dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

"Kami hanya meminta pihak sekolah dan Satgas Covid-19 tingkat sekolah melaksanakan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin," katanya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kulon Progo Rina Nuryati menyampaikan untuk pengambilan sampel menyasar 10 persen siswa dan tenaga pendidik yang sekolahnya sudah menggelar PTM.

Artinya, katanya, bisa dilakukan kepada 30 siswa atau tiga pendidik dengan jumlah siswa yang berjumlah 300 orang.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: