Pelantikan Presiden Jokowi, Warga Yogya Syukuran dengan Pesta Budaya

Kuntadi ยท Minggu, 20 Oktober 2019 - 20:49 WIB
Pelantikan Presiden Jokowi, Warga Yogya Syukuran dengan Pesta Budaya
Masyarakat Yogyakarta yang tergabung dalam Warga Jogja Berbudaya ikut berbahagia atas pelantikan Presiden Jokowi-Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Titik Nol. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

YOGYAKARTA, iNews.id – Masyarakat Yogyakarta yang tergabung dalam Warga Jogja Berbudaya ikut mangayubagyo (turut berbahagia) atas pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dengan menggelar pesta budaya di kawasan Titik Nol Kilometer.

Ketua Warga Jogja Berbudaya, Subkhi Ridho mengatakan, syukuran berbentuk pesta rakyat merupakan wujud persatuan nasional.

Seluruh komponen masyarakat dan bangsa ikut terlibat dalam kegiatan ini. Harapannya mampu mewujudkan Indonesia unggul dalam segala aspek kehidupan.

“Ini adalah bentuk ungkapan rasa syukur atas perjalanan bangsa ini dengan segala pernak-perniknya,” katanya, Minggu (20/10/2019). 

BACA JUGA: Sambut Pelantikan Jokowi-Ma'ruf, Ribuan Warga Yogya Gelar Parade Merah Putih di Malioboro

Dia mengatakan, demokrasi di negara ini sudah berjalan dengan baik. Selama dua dekade menghasilkan presiden dan wakil presiden yang dipilih secara langsung oleh rakyat Indonesia.

Hal ini dinilainya menjadi cermin pelaksanaan demokrasi langsung. Demokrasi inilah yang perlu dirawat dan dikelola secara bersama demi mewujudkan keadilan dan kesejahteraan warga.

Dalam pesta budaya tersebut ditampilkan beberapa kesenian yang ada di masyarakat. Mulai dari tari angguk, tari kentong rampak, tari gejok lesung, tari tanduk majeng, pembacaan puisi, jathilan, line dance, flashmob dan beberapa kegitan lain.

Pesta rakyat ini juga memadukan kesenian tradisional dan masa lalu. Hal ini menginspirasi bangsa ini agar senantiasa menjaga unsur budaya yang ada sebagai kekayaan bangsa tanpa meninggalkan modernitas menuju kemajuan bangsa.

Puncaknya dilakukan doa kebangsaan oleh tokoh-tokoh lintas agama/keyakinan. Mereka berdoa agar Indonesia semakin maju dan unggul di berbagai lini.

”Kita berdoa memohon keselamatan bangsa dan memohon pemimpin yang amanah, mencintai rakyat dan mampu mensejahterakan rakyat,” kata Habib Fahim Fachmi.

BACA JUGA: Jokowi-Ma'ruf Amin Dilantik, Wali Kota Yogyakarta: Semoga Bisa Bawa Indonesia Lebih Maju

Dalam syukuran ini juga diisi dengan orasi kebangsaan untuk menggelorakan semangat Pancasila sebagai ideologi bangsa. Kegiatan ini juga didukung dari berbagai elemen di masyarakat.

Mereka ingin pesta rakyat berbentuk budaya ini menjadi momentum persatuan nasional, diselenggarakan secara gotong-royong antarseluruh komponen masyarakat. 


Editor : Kastolani Marzuki