Pembangunan Sudah 85 Persen, Agustus Kereta Bandara YIA Beroperasi

Kuntadi ยท Minggu, 11 April 2021 - 21:59:00 WIB
Pembangunan Sudah 85 Persen, Agustus Kereta Bandara YIA Beroperasi
Progres pembangunan jalur kereta bandara YIA sudah 84 persen, dan akan disegera dipasang jembatan. (Foto: istimewa)

KULONPROGO, iNews.id – Proyek jalur kereta Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) ditargetkan selesai pada bulan Juli mendatang. Sisa waktu sekitar 80 hari akan dipakai untuk menyelesaikan pemasangan rel, agar pada bulan Agustus sudah bisa dioperasionalkan. 

“Target pekerjaan selesai bulan Juli dan Agustus sudah bisa beroperasi,” kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kegiatan Pengembangan Perkeretaapian Area 1 Balai Teknik Perkeretaapian Kelas 1 Wilayah Jawa Tengah Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Dheky Martin, kepada wartawan, Minggu (11/4/2021).

Saat ini progres pembangunan jalur kereta Bandara YIA sudah 85 persen. Diharapkan dalam dua bulan kedepan jalur kereta sepanjang 5,3 kilometer dari Stasiun Kedundang sampai di areal Bandara YIA bisa tuntas.    

“Saat ini tahapan pada pemasangan rel atau trek kereta, setelah menyelesaikan pemasangan batu balas dan pagar pembatas,” katanya.   

Jalur kereta ini didesaian kuat dan bisa dilalui semua jenis lokomotof. Namun nantinya kereta yang dioperasionalkan merupakan kereta rel diesel (KRD) atau jika dikembangkan lagi untuk kereta rel listrik (KRL).

Jalur kereta ini juga sudah terhubung, dengan selesainya pemasangan jembatan dengan tipe withrough truss (WTT) 46,5 double di atas jalan nasional. Bulan ini juga akan dilakukan pemasangan tiang dan atap overkapping oleh PT Angkasa Pura I.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2