Pemda DIY Batasi Event MICE Berskala Besar

Kuntadi ยท Kamis, 24 September 2020 - 21:39 WIB
Pemda DIY Batasi Event MICE Berskala Besar
mice (ilustrasi)

YOGYAKARTA, iNews.id – Pemerintah Daerah (Pemda) DIY akan membatasi pelaksanaan meeting, incentive, convention and exhibition (MICE) untuk mencegah penularan Covid-19. Sebab, pascapenerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta, banyak kegiatan yang lari di Yogyakarta.

“Kami akan batasi, misal rapat yang pesertanya lebih dari 100 dipending dulu. kegiatan yang pesertanya besar di rem,” kata Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo di Kompleks Kepatihan Pemda Yogyakarta Kamis (24/9/2020).

Singgih mengatakan keberadaan hotel di Yogyakarta cukup representatif untuk menggelar kegiatan MICE. Banyak yang memiliki ballroom dengan kapasitas hingga mencapai 2.000 orang. Pertemuan disarankan dengan peserta terbatas.

Sampai saat ini, Dinas Pariwisata memang tidak menentukan batasan maksimal dalam sebuah pertemuan. Namun panitia harus bisa menilai kebutuhan yang paling ideal. Misalnya dengan peserta dibawah 100 orang.

“Kalau pesertanya terbatas, hotel juga mudah pengelolaannya,” katanya.

Singgih mengapresiasi beberapa pertemuan yang digelar kementerian selalu menggunakan protokol kesehatan yang ketat. Bahkan peserta diwajibkan untuk mengikuti rapid test terlebih dulu. Jika ada peserta yang hasilnya rapid testnya reaktif, tidak diperkenankan masuk.

“Beberapa acara yag saya hadiri diawali dengan rapid test. Kalau ada yang reaktif dilarang masuk,” katanya.

Sebelumnya Wakil Sekretaris Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY, Biwara Yuswantana melihat ada kecenderungan pelaksanaan MICE di Yogyakarta karena Dki Jakarta dilakukan PSBB. Sementara di Yogyakarta keberadaan hotel dan ruangan lain cukup tersedia.

“Memang event seperti jadi penggerak wisata, namun harus dikontrol,” katanya.


Editor : Kuntadi Kuntadi