Pemerintah Tarik Pupuk Subsidi, Petrokimia Perkuat Pertanian dengan One Day Promotion

Budi Utomo ยท Selasa, 09 Agustus 2022 - 19:45:00 WIB
Pemerintah Tarik Pupuk Subsidi, Petrokimia Perkuat Pertanian dengan One Day Promotion
Sejumlah petani di Kulonprogo mendapatkan edukasi pertanian dalam rangkaian ODP yang dogelar Petrokimia di Tuksono, Sentolo, Kulonprogo. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id - Pemerintah secara resmi mencabut subsidi untuk pupuk jenis ZA, SP36 dan Petroganik (organik) yang efektif berlaku pada bulan Juli lalu. Petani tinggal mendapatkan subsidi pupuk jenis Urea dan NPK. 

Staf Perwakilan Daerah Penjualan (SPDP) Petrokimia Gresik DIY, Dani Tambunan mengatakan, pupuk sangat diperlukan untuk menambah unsur hara di dalam tanah. Selama ini petani banyak mendapatkan pupuk subsidi dari pemerintah, namun saat ini hanya Urea dan NPK yang disubsidi pemerintah.

“Tanah itu tidak cukup dengan kedua pupuk itu, masih butuh kandungan lain untuk menyuburkan,” kata Dani pada One Day Promotion di Sentolo, Kulonprogo, Selasa (9/8/2022).

Menurutnya, hampir di semua lahan mengalami degradasi unsur hara. Dampaknya menjadikan produktivitas pertanian turun. Kondisi ini terjadi akibat pemupukan yang tidak seimbang. Untuk itu mereka mengenalkan metode pemupukan berimbang yakni dengan pola 5:3:2 yakni 500 pupuk organik, 300 NPK dan 200 urea.  

“Ketiga jenis pupuk tersebut harus diinput agar tanah tidak jenuh dan kurang maksimal untuk bercocok tanam,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: