Pemkab Bantul Deklarasi Gua Selarong Jadi Destinasi Wisata Ramah Anak

Antara · Minggu, 02 Oktober 2022 - 21:55:00 WIB
Pemkab Bantul Deklarasi Gua Selarong Jadi Destinasi Wisata Ramah Anak
Objek wisata Gua Selarong di Bantul. (foto : istimewa)

BANTUL, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Bantul, mendeklarasikan Gua Selarong sebagai destinasi wisata ramah anak atau tempat yang memberikan kenyamanan dan memperhatikan hak anak-anak. Deklarasi ini rencananya akan dilanjutkan di destinasi yang lain. 

"Deklarasi Gua Selarong menjadi destinasi pariwisata Ramah Anak sudah menjadi kesepakatan, kesepahaman kita bersama. Artinya ini kita mulai uji coba," kata Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo usai deklarasi di Gua Selarong Bantul, Minggu (2/10/2022). 

Deklarasi merupakan kegiatan pendukung Lomba Kreativitas Seni 2022 berupa mewarnai dan melukis tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD) dan sekolah dasar (SD) di kawasan Gua Selarong. Tindaklanjutnya dari deklarasi ini, Dinas Pariwisata akan meminta arahan Bupati destinasi wisata ramah anak itu.

"Deklarasi ini akan dikembangkan di destinasi lain yang memang representatif bisa dipergunakan kegiatan anak-anak kita. Jadi regulasi nanti kita siapkan, dan akan kita dampingi terus supaya destinasi Selarong ini betul-betul bisa dipakai untuk kegiatan anak-anak," katanya.

Destinasi wisata ramah anak merupakan perwujudan  Bantul sebagai Kabupaten Layak Anak. Kabupaten Bantul saat ini pada level madya yang ditargetkan naik ke level nindya pada 2022. Sehingga pada 2023 menduduki level utama, kemudian di 2024 harapannya sampai pada level Kabupaten Layak Anak.

Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo mengatakan, sektor pariwisata sebagai salah satu ruang lingkup kebijakan, dituntut untuk menyediakan pariwisata yang memenuhi indikator-indikator penyelenggaraan wisata yang ramah terhadap anak-anak. Goa Selarong akan menjadi kawasan wisata yang menarik untuk anak dengan wahana hiburan bermain anak yang memperhatikan usia anak, dan memberikan wadah pengembangan kreatifitas, minat dan bakat sesuai usia anak.

"Untuk mengembangkan kreativitas, minat dan bakat anak diperlukan kegiatan seperti lomba kreativitas seni yang menarik anak untuk ikut berpartisipasi dan juga dapat meningkatkan pendapatan pelaku wisata di Gua Selarong," katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Bagikan Artikel: