Pemkot Jogja Perketat Pemeriksaan Sebelum dan Sesudah Hewan Kurban Disembelih

Antara ยท Jumat, 08 Juli 2022 - 20:34:00 WIB
Pemkot Jogja Perketat Pemeriksaan Sebelum dan Sesudah Hewan Kurban Disembelih
Pemkot Jogja memperketat pemeriksaan hewan kurban, baik sebelum disembelih maupun sesudah disembelih.(Foto: Antara)

YOGYAKARTA, iNews.id  - Pemkot Jogja memperketat pemeriksaan hewan kurban, baik sebelum disembelih (ante mortem) maupun sesudah disembelih (post mortem). Langkah ini untuk memastikan hewan kurban bebas dari infeksi penyakit mulut dan kuku.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta Suyana  mengatakan Karena ada penyakit mulut dan kuku (PMK), maka fokus pemeriksaan pun ditambah. 

"Karena hewan yang terlihat sehat dan baik-baik saja belum tentu terbebas dari infeksi penyakit mulut dan kuku (PMK)," katanya di Yogyakarta, Jumat (8/7/2022).

Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, Suyana menyebut, hewan yang terlihat sehat dan tidak menunjukkan gejala PMK baru terdeteksi terinfeksi saat sudah disembelih.

"Sejumlah organ menunjukkan tanda atau indikasi sudah terinfeksi penyakit tersebut. Makanya pemeriksaan ante mortem dan post mortem untuk hewan kurban pada tahun ini akan lebih detail," katanya.

Pada tahun lalu, pemeriksaan post mortem lebih difokuskan pada beberapa organ seperti limpa dan hati karena dimungkinkan organ tersebut terserang cacing hati.

"Pada tahun ini pemeriksaan harus lebih detail lagi. Bagian kaki dan mulut pasti menjadi fokus kami disamping sejumlah organ setelah sapi disembelih, salah satunya paru-paru," katanya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: