Pemkot Yogya Siapkan Strategi Atasi Kemacetan ketika Jalan Tol Dioperasionalkan

Antara ยท Senin, 08 Agustus 2022 - 21:37:00 WIB
Pemkot Yogya Siapkan Strategi Atasi Kemacetan ketika Jalan Tol Dioperasionalkan
Kondisi lalu lintas di Kota Yogyakarta saat liburan. (foto: antara)

YOGYAKARTA, iNews.id - Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta telah menyiapkan berbagai upaya dalam menghadapi hadirnya jalan tol di Yogyakarta. Salah satunya mengatasi kemacetan sejak dini. 

Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Agus Arif mengatakan, apabila jalan tol sudah dibangun dan beroperasi maka akan terjadi peningkatan volume kendaraan. Hal ini harus diantisipasi sejak dini secara komprehensif dari berbagai aspek.

"Antisipasi potensi kemacetan tidak bisa dilakukan parsial tetapi harus komprehensif dari berbagai aspek. Dan hal ini tidak bisa jika hanya dilakukan Pemerintah Kota Yogyakarta saja," katanya Senin (8/8/2022).

Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta sudah menyiapkan antisipasi dari sisi manajemen lalu lintas dan aspek lain sesuai kewenangan perhubungan. Manajemen lalu lintas tidak akan menyelesaikan potensi kemacetan yang akan muncul sehingga perlu didukung penataan dari bidang lain.

"Misalnya penataan di bidang infrastruktur dan kebijakan-kebijakan lain yang menjadi perhatian bersama dengan Pemerintah DIY hingga pemerintah pusat," katanya.

Ia berharap, pemerintah pusat bisa memberikan perhatian lebih terhadap potensi kemacetan yang akan muncul sehingga bisa dilakukan langkah antisipasi secara komprehensif. Jalan tol akan memberikan dampak positif pada kecepatan waktu tempuh, biaya yang lebih murah, dan akses keluar-masuk yang cukup banyak yaitu dari Bawen atau Solo.

"Dengan waktu tempuh yang semakin cepat dan biaya yang relatif lebih murah, akan banyak orang yang datang dengan kendaraan pribadi," katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: