Pemkot Yogyakarta Beri Penghargaan bagi 6 Seniman dan Pengelola Bangunan Cagar Budaya

Kuntadi ยท Rabu, 19 Agustus 2020 - 17:03 WIB
Pemkot Yogyakarta Beri Penghargaan bagi 6 Seniman dan Pengelola Bangunan Cagar Budaya
Pemkot Yogyakarta memberikan penghargaan bagi seniman dan budayawan. (Foto: dok Pemkot Yogyakarta)

YOGYAKARTA, iNews.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta memberikan penghargaan budaya kepada enam seniman dan budayawan yang dinilai berkomitmen tinggi terhadap bidang seni dan budaya yang ditekuninya. Penghargaan juga diberikan kepada lembata yang merawat dan menjaga cagar budaya Yogyakarta, baik berupa fisik maupun nonfisik.

Para seniman, budayawan serta lembaga yang mendapatkan penghargaan di antaranya, Untung Basuki yang dikenal sebagai penggiat Teater Bengkel Rendra dan guru seni, KPH Kusumoparastho. Selain itu juga pendiri Kustomfest Lulut Wahyudi, Studio Pertunjukan Sastra, SMP 1 Bopkri Yogyakarta, dan Susteran Amal Kasih Darah Mulia Kotabaru.

“Ini menjadi wujud apresiasi kami terhadap insan dan lembaga penggiat seni, penggiat budaya dan pelestari cagar budaya, yang memiliki kepedulian tinggi terhadap pelestarian seni budaya dan cagar budaya yang ada di Yogyakarta,” kata Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, saat menyerahkan penghargaan kepada penerima, di Balai Kota Yogyakarta, Rabu (19/8/2020)

Mereka yang mendapatkan penghargaan, merupakan seniman yang sudah lama berkiprah dan karyanya nyata. Meski begitu ada juga generasi muda yang mampu mengembangkan seni, membangun komunitas terhadap seni kontemporer.

Heroe berharap pelaku seni, bisa memberikan keteladan kepada masyarakat, terutama ke seniman-seniman muda untuk selalu konsisten dan bertanggung jawab.

“Karya seni budaya yang mereka tekuni sesuai panggilan jiwa. Semoga penghargaan ini memacu semangat mereka terus berkiprah,” katanya.

Salah satu tim penilai Gandung Djatmiko mengatakan, penilaian dilakukan sejak beberapa bulan lalu. Mereka yang terpilih telah menghasilkan karya yang baik dan memberikan pengaruh pada perkembangan seni dan budaya.

“Mereka juga bisa menjadi teladan dalam pelestarian dan pengembangan seni dan budaya,” katanya.


Editor : Kuntadi Kuntadi