Pemkot Yogyakarta Cari Lokasi Alternatif Parkir di Seputar Tugu

Antara ยท Kamis, 10 Desember 2020 - 23:12:00 WIB
Pemkot Yogyakarta Cari Lokasi Alternatif Parkir di Seputar Tugu
Penataan di kawasan simpang Tugu Yogyakarta. (Foto : Dok Sindonews)

YOGYAKARTA, iNews.id- Penataan di kawasan simpang Tugu Yogyakarta akan ditindaklanjuti dengan penataan parkir. Pemkot Yogyakarta saat ini tengah mengidentifikasi lokasi yang bisa dijadikan alternatif parkir untuk kawasan tersebut.

“Mencari lokasi parkir ini tentu bukan pekerjaan mudah. Kami berkoordinasi dengan camat setempat untuk bersama-sama mengidentifikasi lokasi yang bisa dijadikan alternatif parkir untuk kawasan tersebut,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Agus Arif di Yogyakarta, Kamis (10/12/2020).

Menurut dia, penataan parkir di kawasan tersebut akan dilakukan bertahap sehingga rencana kebijakan larangan parkir tidak akan diberlakukan secara langsung saat revitalisasi simpang Tugu selesai dilakukan pada akhir Desember.

“Tidak akan langsung diberlakukan saat itu juga karena mencari lokasi parkir juga tidak mudah. Yang jelas, badan jalan tidak boleh digunakan sebagai lokasi parkir,” katanya.

Pengunjung atau wisatawan yang datang ke kawasan Tugu Yogyakarta, lanjut dia, biasanya memanfaatkan sejumlah lokasi parkir yang sudah tersedia. Misalnya di sepanjang Jalan Diponegoro atau di depan Pasar Kranggan dan di Jalan Sudirman.

“Kawasan Tugu ini biasanya ramai dikunjungi wisatawan pada malam hari saat lalu lintas di kawasan tersebut tidak lagi terlalu padat sehingga pengunjung bisa memanfaatkan lokasi parkir yang juga jauh lebih sepi dibanding saat siang hari,” katanya.

Salah satu alternatif lokasi parkir yang ditawarkan Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta adalah memanfaatan Tempat Khusus Parkir (TKP) Abu Bakar Ali.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2