Pemkot Yogyakarta Tetap Operasionalkan 2 Selter Isolasi meski Kasus Covid Turun

Antara ยท Rabu, 13 Oktober 2021 - 22:57:00 WIB
  Pemkot Yogyakarta Tetap Operasionalkan 2 Selter Isolasi meski Kasus Covid Turun
Rumah susun sewa di Kecamatan Tegalrejo difungsikan sebagai selter untuk pasien Covid-19 tanpa gejala di Yogyakarta. ( Foto : Antara /Eka AR)

YOGYAKARTA, iNews,id - Pemkot Yogyakarta tetap akan membuka dua selter isolasi untuk penanganan pasien Covid-19 meski kasus Corona mengalami penurunan yang signifikan. Langkah ini sebagai bentuk antisipasi jika kasus Covid-19 kembali meningkat.

“Tidak ditutup, masih dioperasionalkan meski satu dari dua selter tersebut tidak lagi menerima pasien,” kata Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Yogyakarta Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Rabu (13/10/2021).

Selama ini, Kota Yogyakarta mengoperasionalkan dua selter, yaitu Selter Tegalrejo dan Selter Gemawang yang baru dibuka saat terjadi lonjakan kasus Covid-19 di Yogyakarta pada pertengahan Juli lalu.

Selter Tegalrejo yang sudah dioperasionalkan sejak September 2020 dan memiliki kapasitas 84 pasien, hingga saat ini masih menerima pasien untuk menjalani isolasi meski jumlahnya tidak banyak.

“Hanya ada lima pasien yang dirawat di selter tersebut. Untuk di Gemawang memang sudah ‘off’, tidak menerima pasien. Tetapi posisinya 'standby',” katanya.

Tenaga kesehatan di Selter Gemawang pun sudah ditarik dan tempat tersebut saat ini hanya dijaga oleh petugas dari Satpol PP Kota Yogyakarta.

“Karena sifatnya 'standby', jadi jika ada kebutuhan ruang isolasi, maka selter tersebut bisa langsung dioperasionalkan kembali,” katanya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: