Penambahan Covid-19 Tinggi, Bupati Kulonprogo: Masyarakat Harus Patuhi Protokol Kesehatan

Kuntadi ยท Rabu, 08 Juli 2020 - 16:15 WIB
 Penambahan Covid-19 Tinggi, Bupati Kulonprogo: Masyarakat Harus Patuhi Protokol Kesehatan
Bupati Kulonprogo Sutedjo. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id – Bupati Kulonprogo Sutedjo prihatin dengan adanya penambahan warga yang terinfeksi virus corona atau Covid-19. Selama ini kasus landai, namun belakangan penambahan cukup tinggi. Bupati minta masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Kita sangat prihatin, selama ini hanya satu kasus bahkan sempat kosong. Sabtu lalu ada penambahan tiga dan Selasa kemarin tambah dua,” kata Sutedjo di Pemkab Kulonprogo, Rabu (8/7/2020).

Sutedjo mengajak masyarakatuntuk tidak lengah dengan Covid-19. Penerapan new normal bukan berarti semuanya normal seperti sebelum ada Covid-19. Selama belum ada vaksin atau obat, masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin.

“Kita harus disiplin pakai masker, cuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak,” kata Sutedjo.

Saat ini Kulonprogo masih mengikuti kebijakan pemda DIY untuk melakukan perpanjangan masa tanggap bencana. Hal ini lebih memudahkan dalam melakukan alokasi pendanaan jika ada penambahan kasus baru.

“Dengan adanya perpanjangan kami akan lebih mudah backup pembiayaan penanganan,” katanya.

Penerapan new normal, butuh adanya kedisiplinan dari masyarakat yang sadar untuk mematuhi protokol. Jangan sampai kesadarn ini muncul ketika ada rasia atau mendapatkan teguran.

“New normal butuh pendisiplinan yang tinggi di masyarakat,” kata Sutedjo.

Direktur Utama RSUD Wates, Lies Indriyati mengatakan saat ini merawat empat orang pasien. Semua pasien kondisinya cukup bagus dan ditempatkan di ruang isolasi.

“Pasiennya cukup bagus, mereka termasuk OTG (orang tanpa gejala),” kata Lies.

Jumlah penderita Covid-19 di Kulonprogo ada 18 kasus. Sebanyak lima pasien masih menjalani perawatan medis, empat di RSUD Wates dan satu di Bantul.


Editor : Kuntadi Kuntadi