Pencabulan Anak di Bantul Tinggi, 20 Kasus Ditangani Polisi

Kuntadi ยท Kamis, 19 November 2020 - 19:03:00 WIB
Pencabulan Anak di Bantul Tinggi, 20 Kasus Ditangani Polisi
Ilustrasi pencabulan. (Foto: Istimewa)

BANTUL, iNews.id – Kasus pencabulan anak di bawah umur yang terjadi di Kabupaten Bantul cukup tinggi. Selama bulan Januari-November, Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Bantul telah menangani 20 laporan kasus pencabulan.

“Yang dilaporkan di PPA ada 20 kasus, belum termasuk di Polsek dan UPTD PPA Bantul,” kata Kanit PPA Polres Bantul Aipda Mustafa Kamal, Kamis (19/11/2020).

Mustafa mengaku prihatin dengan kasus yang cukup tinggi. Pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul dalam penanganan. Apalagi Bantul telah mendapatkan perhargaan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA).

“Ini pekerjaan rumah yang berat dan kami tangani kasus itu secara serius,” katanya.

Dikatakannya, kasus pencabulan terakhir terjadi di Kecamatan Imogiri yang melibatkan seorang kakek. Kasus ini terjadi dua pekan lalu di sebuah sendang. Saat ini penyidik masih mendalami karena dari pengakuan tersangka ada dua korban.

Kasus pencabulan pada awal November juga terjadi di Pleret, Bantul yang menimpa anak-anak ketika sedang berada di masjid. Aksi pelaku terekam CCTV dan pelaku diamankan warga sebelum diserahkan ke polisi.

Untuk memberikan efek jera, pelaku dijerat dengan Pasal 82 Undang-Undang Nomor 17 tahun 2016 tentang Penetapan perpu No 1 tahun 2016 tentang Perubahan ekdua atas Undang-undang Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Editor : Kuntadi Kuntadi