Pencuri HP Terekam CCTV Hanya Didenda Rp750.000

Kuntadi ยท Jumat, 24 Juli 2020 - 10:28 WIB
Pencuri HP Terekam CCTV Hanya Didenda Rp750.000
Pelaku pencurian handphone meminta maaf kepada korban dalam sidang di PN Wates. (foto: Humas Polsek Wates)

KULONPROGO, iNews.idAksi pencurian handphone yang dilakukan JS (26) warga Klaten, Jawa Tengah pada Sabtu (18/7/2020) terekam CCTV. Petugas yang mendapatkan laporan langsung mengamankan pelaku dan diajukan ke persidangan.

“Pelaku ini mencuri handphone dan tertangkap. Karena nilainya kecil diajukan ke sidang tipiring (tindak pidana ringan),” kata Kapolsek Wates Kompol Endang Suprapto.

Kronologi pencurian ini berawal ketika pelaku hendak menyewa kendaraan di Yanu Transport yang terletak di Bendungan, Wates, Kulonprogo. Sebelumnya pelaku sudah berjanji dan akan datang untuk melakukan perjanjian sewa menyewa.

Saat tiba, JS diterima salah satu pegawai di bagian penerima konsumen dan sempat melakukan komunikasi. Petugas ini kemudian masuk ke dalam kantor dan meninggalkan handphonenya di meja. Pelaku kemudian mengambil handphone dan kabur.

“Saat beraksi itu terekam CCTV. Polisi kemudian melakukan pengejaran hingga menangkap pelaku,” kata Endang.

Lantaran nilai kerugian kecil, petugas hanya menjerat pelaku dengan tindak pidana ringan. Dalam sidang di PN Wates yang dipimpin hakim tunggal Wanda Andriyeni, pada Kamis (23/7/2020), terdakwa dinyatakan sah dan terbukti bersalah melanggar pasal 363 KUHP tentang pencurian.

Hakim menjatuhkan hukuman kepada terdakwa dengan hukuman denda sebesar Rp750.000, subsider kurungan selama 7 hari.


Editor : Kuntadi Kuntadi