Penegakan hukum Masih Lemah, Cholid Mahmud: Indonesia Bisa Kacau

Kuntadi ยท Rabu, 18 November 2020 - 23:13:00 WIB
 Penegakan hukum Masih Lemah, Cholid Mahmud: Indonesia Bisa Kacau
Anggota DPD asal DIY menggelar sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

YOGYAKARTA, iNews.id – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal DIY, Cholid Mahmud melihat penegakan hukum di Indonesia masih perlu diperbaiki. Reformasi yang sudah berjalan selama 20 tahun belum mampu merubah sistem penegakan hukum.

“Ini (penegakan hukum) harus diperbaiki, karena kalau dibiarkan bisa menggiring Indonesia ke arah kekacauan dan kehancuran,” kata Cholid pada Sosialiasi Empat Pilar Kebangsaan di Gedung DPD DIY, Rabu (18/11/2020).

Cholid melihat ada banyak permasalahan dalam pembuatan undang-undang. Begitu juga dengan penegakan hukum masih terkesan tebang pilih. Hal inilah yang harus diperbaiki dari sisi konstitusi.

“Masalah itu hari ini dikaji dengan mengundang pakar Hukum UGM dan UMY untuk memberikan pandangan terhadap sistem hukum di negara ini,” kata Cholid.

Selama ini, sistem hukum belum baik karena memang perilaku penegak hukum dan masyarakat yang belum taat. Hal ini tidak bisa dibiarkan, tetapi harus dirubah. Ketika memang terjadi pelanggaran harus diselesaikan dengan cepat dan tepat.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2