Pengelola Pamsimas di Kulonprogo Mampu Produksi Air Siap Minum

Kuntadi ยท Sabtu, 18 Juni 2022 - 23:00:00 WIB
Pengelola Pamsimas di Kulonprogo Mampu Produksi Air Siap Minum
Pengelola KP-SPAMS Tirta Wening menunjukkan mesin produksi air bersih hingga siap minum. (Foto: istimewa)

KULONPROGO, iNews.id - Kelompok Pengelola Sarana Prasarana Air Minum dan Sanitasi (KP-Spams) Tirta Wening Pedukuhan Kemiri, Kalurahan Wijimulyo, Kapanewon Nanggulan, Kabupaten Kulonprogo sukses mengembangkan penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas). Mereka mengklaim air minum yang dihasilkan bisa langsung dikonsumsi, karena sudah lolos uji laboratorium. 

Sekretaris KP-Spams Tirta Wening, Priyanto mengatakan, pamsimas ini sudah dikelola sejak 2018 silam. Awalnya mereka mendapatkan bantuan pamsimas dari pusat, untuk mengatasi kebutuhan air bersih di wilayah Pedukuhan Kemiri dan Rejoso. 

“Jada ini bantuan pusat, kemudian kami kembangkan dengan target bisa melayani 35 persen keluarga di Wijimulyo pada 2030 mendatang,” katanya. 

Pada tahun 2018, mereka hanya  sekitar 131 KK. Air yang dipakai menggunakan air tanah dari beberapa lokasi. Kini memasuki tahan keempat sudah ada 322 pelanggan dan melayani lima pedukuhan, termasuk di Pedukuhan Setan, Wijilan dan Dukuh.  

Menurutnya, air bersih yang disalurkan kini tidak hanya untuk kebutuhan mandi dan memasak. Namun bisa langsung dikonsumsi. Mereka secara rutin memeriksakan air yang dihasilkan ke laboratorium kesehatan daerah (Labkesda) dengan biaya mandiri Rp2 juta. 

“Dari pengujian laboratorium, airnya sudah layak dikonsumsi,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: