Pengelolaan Museum Harus Dinamis untuk Edukasi Generasi Muda

Priyo Setyawan ยท Kamis, 10 Juni 2021 - 19:40:00 WIB
Pengelolaan Museum Harus Dinamis untuk Edukasi Generasi Muda
Wabup Sleman Danang Maharsa memberikan sambutan saat pertemuan kepala museum se Sleman di Kantor Dinas Kebudayaan (Disbud) Sleman, Kamis (10/6/2021). (Foto: doc/Humas Sleman)

SLEMAN, iNews.id – Keberadaan museum bukan hanya untuk pelestarian warisan budaya saja. Museum harus menjadi wahana pembelajaran dan objek wisata yang edukatif.

“Untuk itulah pengelolaan museum harus lebih dinamis dan optimal dalam memberikan layanan kepada masyarakat,” kata Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa pada pertemuan Kepala Museum se-Kabupaten Sleman, di Kantor Dinas Kebudayaan Sleman, Kamis (10/6/2021). 
  
Danang mengatakan, museum masih sering kali dipandang sebelah mata. Museum belum menjadi objek wisata yang menarik bagi generasi muda. Untuk itulah koleksi yang ada harus bisa disaksikan dan dipelajari oleh masyarakat.  

“Bangsa ini memiliki keragaman budaya dan tradisi yang menarik. Keberagaman ini harus disajikan untuk menarik kunjungan,” katanya.   

Danang berharap melalui pertemuan seperti ini bisa dirumuskan strategi yang efektif untuk menarik pengunjung. Seperti dengan mempergunakan teknologi komunikasi serta tambilan yang interaktif menggunakan  hologram dan karya tiga dimensi.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2