Pengunjung Pantai Diminta Waspadai Gelombang Tinggi

Antara ยท Selasa, 17 Mei 2022 - 16:28:00 WIB
 Pengunjung Pantai Diminta Waspadai Gelombang Tinggi
Pengunjung pantai selatan Bantul diminta mewaspadai ancaman gelombang tinggi. (Foto : Antara)

BANTUL, iNews.id - Pengunjung pantai di wilayah Bantul diminta untuk mewaspadai potensi banjir rob dan gelombang tinggi yang melanda perairan selatan dalam beberapa hari ke depan. Gelombang tinggi ini diperkiraan akan berlangsung hingga 20 Mei mendatang.

"Situasi dan kondisi terkini air pasang gelombang naik sampai atas, tetapi tidak sampai ke warung-warung atau permukiman di area pantai, namun untuk berwisata dan bermain air tidak boleh," kata Sekretaris SAR Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah IV Samas Bantul, Nugroho saat dihubungi di Bantul, Selasa.

Nugroho mengatakan, banjir rob dan gelombang tinggi berdasarkan peringatan dini Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berpotensi terjadi sejak 14 Mei hingga 20 Mei. Untuk itu masyarakat pengguna aktivitas maritim dan wisatawan pantai selatan agar waspada dan mempertimbangkan kondisi itu.

Kondisi gelombang dalam beberapa hari ini sejak peringatan dini dirilis BMKG berkisar antara tiga sampai empat meter. Gelombang tinggi biasanya terjadi pada pagi hari, sementara siang cenderung surut.

"Gelombang tinggi biasanya pasang di pagi hari hingga jelang siang, siang hari ini sudah mulai surut, dan melandai. Namun, kita tetap imbau pengunjung agar tidak bermain air pantai," katanya.

Dia mengatakan, pada awal potensi banjir rob dan gelombang tinggi, SAR Satlinmas harus bekerja ekstra dengan kekuatan penuh dalam pengawasan dan memberikan imbauan kepada pengunjung pantai, mengingat potensi bahaya itu bertepatan dengan libur akhir pekan.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: