Penjualan Hewan Kurban di Kulonprogo Tetap Tinggi di Tengah Pandemi Covid-19

Kuntadi ยท Kamis, 30 Juli 2020 - 01:00 WIB
Penjualan Hewan Kurban di Kulonprogo Tetap Tinggi di Tengah Pandemi Covid-19
Permintaan sapi kurban di Kulonprogo dalam masa pandemi Covid-19 justru meningkat. (foto: iNews.id/kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id – Permintaan hewan kurban di Kabupaten Kulonprogo, DIY, cukup tinggi. Ancaman masa pandemi Covid-19, tidak membuat penjualan menurun. Justru terjadi kenaikan, seiring dengan penundaan pelaksanaan ibadah haji.

“Secara pribadi, penjualan di sini justru naik. Tahun lalu hanya 70 ekor ini sudah 100,” kata Pedagang hewan kurban, Mursyid, di rumahnya di Sidomulyo, Pengasih, Kulonprogo, Rabu (29/7/2020).

Dia mengakui pada awalnya dia sempat ragu dengan kondisi ekonomi masyarakat akibat dampak Covid-19. Namun sebulan sebelum Idul Adha, justru banyak warga yang datang untuk menanyakan stok hewan kurban. Kondisi ini terus terjadi sampai degan H-3 Idul Adha, masih banyak warga yang datang untuk membeli.

“Mungkin karena haji tahun ditunda, jadi mereka yang hendak berhaji kurbanya di sini,” katanya.

Guna memenuhi kebutuhan konsumen, Musryid sangat menjaga kepercayaan masyarakat. Dia akan menyediakan 15 ekor sapi sebagai contoh dengan harga yang bervariasi. Mulai dari harga Rp16 juta sampai dengan harga Rp24 juta.

Konsumen yang datang akan melihat kondisi sapi dan budget yang dimiliki. Begitu terjadi kesepakatan, Mursyid akan mencarikan sapi dengan ukuran yang hampir sama. Baik untuk sapi jenis PO, ataupun sapu simental ataupun limousin.

“Kebanyakan adalah pelanggan, mereka sudah percaya dan kita carikan sesuai permintaan,” katanya.

Sapi-sapi yang dijual kebanyakan merupakan sapi lokal untuk mendukung program Bela dan Beli Kulonprogo. Namun tidak sedikit didatangkan dari luar daerah, dengan disertai surat keterangan sehat.

“Disini kita juga terapkan protokol kesehatan Covid-19,” kata Mursyid.

Salah seorang pelanggan, Joko Purnomo mengatakan sudah sekitar tiga tahun menjadi pelanggan di tempat Mursyid. Selain variannya banyak, harganya cukup bisa disesuaikan dengan anggaran yang ada.

“Sapinya disini banyak, jadi bisa disesuaikan dengan anggaran,” katanya.

Selain sapi, Mursyid juga menyediakan aneka jenis kambing dan domba. Harga mulai dari Rp2 juta sampai dengan Rp3,5 juta.


Editor : Kuntadi Kuntadi