Perajin Bambu di Bantul Dilatih Tingkatkan Ekspor

Antara ยท Kamis, 19 November 2020 - 08:30:00 WIB
Perajin Bambu di Bantul Dilatih Tingkatkan Ekspor
Seorang perajin kipas bambu tengah menggunting kain kipas di Desa Wisata Kerajinan Jipangan, Bantul . (Foto : Antara)

BANTUL, iNews.id - Perajin atau pelaku usaha kecil pengolahan bambu di Bantul diberi pelatihan agar mampu meningkatkan ekspor. Di Bantul ada dua lokasi sentra perajin bambu yakni di Kecamatan Dlingo dan Sedayu.

"Kami juga mengembangkan kerajinan bambu ini dengan pelatihan-pelatihan, karena di Bantul itu punya potensi besar terhadap kerajinan bambu, dan menjadi salah satu komoditas ekspor di Bantul," kata Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian Bantul, Agus Sulistiyana di Bantul, Rabu (18/11/2020).

Menurut dia, potensi kerajinan bambu yang saat ini berkembang di Bantul di antaranya di wilayah Kecamatan Sedayu dan Dlingo, dikarenakan bahan baku yang tersedia di daerah tersebut melimpah, sehingga harapannya potensi kerajinan di daerah itu harus terus dikembangkan.

Selain bambu, kata dia, pihaknya juga telah memberikan pelatihan terhadap perajin gula kelapa dan gula semut menyusul potensi ekspor komoditas makanan yang terus bisa ditingkatkan volumenya.

"Kemarin kami juga pelatihan gula kelapa, gula semut dan sebagainya itu dalam rangka meningkatkan ini (ekspor), karena di Kulonprogo itu luar biasa, dan sebetulnya Bantul itu potensinya sama dengan Kulonprogo kaitan ketersediaan bahan baku, sehingga kita jangan sampai kalah," katanya.

Editor : Ainun Najib