Perguruan Tinggi Jangan Dikelola Seperti Perusahaan

Antara ยท Rabu, 02 Maret 2022 - 06:47:00 WIB
Perguruan Tinggi Jangan Dikelola Seperti Perusahaan
Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Fathul Wahid (Foto : HO UII)

YOGYAKARTA, iNews.id - Perguruan tinggi di Indonesia diminta tidak terperangkap dalam jebakan neoliberalisme yang menerapkan pengelolaan kampus layaknya sebuah perusahaan. Jika itu terjadi maka mahasiswa akan dianggap sebagai konsumen.

Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Fathul Wahid mengatakan, dengan korporatisasi, staf administratif dan akademik kampus bakal dipandang sebagai pekerja atau buruh dan bukan sebagai kolega atau Intelektual atau cendekiawan.

"Jebakan ini tanpa disadari akan mengubah pola pikir perguruan tinggi dilihat sebagai korporat yang memberi layanan riset dan pengajaran dan bukan sebagai lembaga yang fokus pada ikhtiar ilmiah pendidikan tinggi," kata Fathul Wahid dalam Rapat Terbuka Senat Milad ke-79 UII secara virtual di Yogyakarta, Selasa (1/3/2022)

Fathul Wahid meminta jangan sampai mahasiswa dianggap sebagai klien atau konsumen yang harus dipuaskan dan bukan mahasiswa yang harus mendapat pendidikan.

"Rektor dan pejabat teras perguruan tinggi lain difungsikan sebagai manajer korporat dan bukan pemimpin intelektual," kata dia.

Menurut dia, korporatisasi dan pengamalan manajerialisme berpotensi menjauhkan kampus dari misi utama pendidikan tinggi.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: