Momen Penumpang di Bandara YIA Berdiri Tegak Peringati Detik-Detik Proklamasi

Kuntadi ยท Senin, 17 Agustus 2020 - 18:02:00 WIB
Momen Penumpang di Bandara YIA Berdiri Tegak Peringati Detik-Detik Proklamasi
Seluruh penumpang di Bandara YIA menyanyikan lagu Indonesia Raya saat peringatan HUT Kemerdekaan RI. (foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id – Ratusan calon penumpang, pengunjung dan seluruh pegawai di Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA) mengikuti peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI. Tampak khitmat penumpang di areal bandara berdiri tegak selama beberapa detik.

Pelaksana Tugas Sementara (PTS) General Manajer PT Angkasa Pura I Bandara YIA, Agus Pandu Purnama mengatakan, pihaknya sengaja melakukan peringatan detik-detik proklamasi. Tepat pukul 10.17, mereka membunyikan sirine dan meminta seluruh penumpang, karyawan dan pengunjung di areal bandara berdiri. Setelah sirine selesai, dilanjutkan dengan mendengarkan pembacaan teks proklamasi dan terakhir menyanyikan lagu Indonesia Raya.

“Saya sangat terharu, ternyata respon penumpang dan masyarakat sangat luar biasa. Begitu selesai mereka bertepuk tangan bahkan ada yang teriak merdeka,” kata Pandu, Senin (17/8/2020).

Pandu mengatakan, respons masyarakat tidak hanya di dalam terminal yang melibatkan calon penumpang saja. Namun juga di sisi luar terminal, ada yang spontan menjadi dirigen untuk menyanyikan lagu kebangsaan.

“Semangat seperti ini akan menjadikan Indonesia maju. Kita harus berjuang melawan Covid-19,” katanya.

Memasuki bulan Agustus seluruh tenan yang ada sudah diminta memasang pernak-pernik merah putih. PT Angkasa Pura juga memasang atribuk merah putih di beberapa lokasi. Khusus hari ini seluruh petugas juga mengenakan pita merah putih di kepala.

Salah seorang penumpang Dea Oktavia mengaku bangga bisa mengikuti perayaan kemerdekaan. Sembari menunggu pesawat, seluruh penumpang diminta berdiri dan menyanyikan lagu Indonesia.

“Ini bagus sekali, karena kita tidak mungkin bisa upacara. Tetapi kita bisa memperingati kemerdekaan,” kata penumpang Batik Air tujuan Jakarta ini.

Sementara itu, Novira Risiyani Dewi mengaku secara spontan maju menjadi dirigen di depan terminal keberangkatan. Dia datang bersama komunitasnya untuk melihat keindahan bandara. Namun tidak disangka ada perayaan kemerdekaan.

“Saya sangat terharu melihat antusias masyarakat yang ikut menyanyi,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi