Perjalanan Domestik Selama PPKM Darurat, GeNose Tak Berlaku

Binti Mufarida ยท Jumat, 02 Juli 2021 - 20:04:00 WIB
Perjalanan Domestik Selama PPKM Darurat, GeNose Tak Berlaku
Salah satu mahasiswi saat secreening Covid-19 dengan GeNose. Selama PPKM Darurat GeNose tak berlaku untuk pelaku perjalanan dengan pesawat. (Foto : Humas Unisa Yogya)

JAKARTA, iNews.id - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat akan dimulai besok 3-20 Juli 2021 di Jawa-Bali. Pelaku perjalanan yang menggunakan pesawat harus menunjukan kartu vaksin (minimal vaksin dosis I) dan hasil tes PCR juga rapid tes antigen. Sehingga, GeNose tidak berlaku. 

“Pembatasan pelaku perjalanan pengguna moda transportasi udara, laut, kereta api dan darat. Substansi dari pengaturan dalam Surat Edaran Nomor 14 ini adalah menyangkut masalah protokol pelaku berjalan dalam negeri yang berisi ketentuan yang dilaksanakan secara umum,” kata Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Ganip Warsito saat Konferensi Pers secara virtual, Jumat (2/7/2021).

Ketentuan peraturan pelaku perjalanan yang pertama adalah setiap individu yang melaksanakan perjalanan wajib menerapkan protokol kesehatan 3M pengetatan protokol kesehatan ini ditekankan kepada pemakaian masker dengan benar masker penutup hidung dan mulut memakai masker kain tiga lapis atau masker medis.

“Kemudian tidak berbicara satu atau dua arah selama perjalanan dan tidak boleh makan dan minum dalam perjalanan kurang dari 2 jam kecuali untuk keperluan medis untuk mengkonsumsi obat,” kata Ganip.

Ganip menjelaskan, perjalanan kendaraan pribadi atau umum bertanggung jawab atas kesehatannya serta patuh pada ketentuan yang berlaku. Kemudian juga menunjukkan hasil tes negatif RT PCR ataupun rapid tes antigen.

“Apabila hasil tes RT-PCR atau rapid test antigen negatif namun bergejala tidak boleh melanjutkan perjalanan dan wajib melakukan tes diagnostik RT PCR dan isoman selama waktu tunggu,” kata Ganip.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: