Perkuat Kolaborasi Internasional, UMY Gelar Gathering dengan Sejumlah Duta Besar

Kuntadi · Kamis, 16 Juni 2022 - 16:24:00 WIB
Perkuat Kolaborasi Internasional, UMY Gelar Gathering dengan Sejumlah Duta Besar
UMY menggelar sejumlah duta besar untuk mneguatkan kolaborasi internasional di Kantor PP Muhammadiyah Jakarta. (foto: doc/UMY)

JAKARTA, iNews.id - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar ”UMY & Ambasssador Gathering” mengundang duta besar dari berbagai negara sahabat. Ini merupakan upaya menguatkan kolaborsi internasional dengan semakin banyaknya mahasiswa asing yang kuliah di UMY.

Gathering yang digelar di Kantor Pusat PP Muhammadiyah Jakarta, hari ini mengundang duta besar daru perwakilan dari 13 negara. Mulai dari Syiria, Pakistan, Ekuador, Afrika Selatan, Turki, Taiwan, Palestina, Moroko, Yaman, Irak, Thailand, Bangladesh dan Perancis.

“Silaturahmi ini sangat penting karena merupakan salah satu amanah ke depan yaitu internasionalisasi Muhammadiyah,” kata Ketua PP Muhammadiyah Prof Syafiq A Mughni, Kamis (16/6/2022).  

Menurutnya, kapasitas lembaga pendidikan yang menangani program internasionalisasi harus terus meningkat dan lebih ekspansif dalam menjalin kerja sama. Bukan hanya merekrut mahasiswa asing, namun juga mengirim mahasiswa UMY untuk belajar di berbagai negara. Begitu juga melalui pertukaran dosen antar perguruan tinggi internasional. 
 
“UMY dapat menjadi contoh bagi kampus Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah yang lain dalam menjalin kerjasama internasional,” katanya.

Rektor UMY, Prof Gunawan Budiyanto mengatakan, silaturahmi dengan duta besar merupakan upaya untuk kerja sama dalam bidang pendidikan. Ini merupakan event pertama, seiring banyaknya mahasiswa asing uang kuliah di UMY. 

“UMY juga ingin mengembangkan kolaborasi internasional lebih jauh lagi,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: