Persiapan Pembukaan Objek Wisata, Pelaku Wisata di Sleman Divaksin Covid-19

Priyo Setyawan ยท Sabtu, 24 Juli 2021 - 21:14:00 WIB
Persiapan Pembukaan Objek  Wisata, Pelaku Wisata di Sleman Divaksin Covid-19
Bupati Sleman Kustini saat meninjau vaksin bagi pelaku wisata di Tebing Breksi, Prambanan, Sleman, Sabtu (24/7/2021). (Foto : Dok Humas Pemkab Sleman)

SLEMAN, iNews.id-Pemkab Sleman menggelar vaksin bagi para pelaku wisata Sleman, Sabtu (24/7/2021). Vaksin dilaksankan di dua lokasi, yakni di Tebing Breksi dan Teras Merapi Sleman.

Tercatat ada 350 orang  yang terdaftar vaksin di Tebing Breksi dan 100 orang di Teras Merapi. Mereka dilayani tenaga kesehatan (nakes) dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman dan Puskesmas setempat.

Kepala Dispar Sleman Suparmono mengatakan vaksin massal Covid-19 bagi pelaku wisata  untuk mendukung percepatan vaksin  dan terbentuknya herd immunity (kekebalan komunal) serta sebagai persiapan untuk pembukaan objek wisata jika nanti kondisi sudah memungkinkan untuk beroperasi lagi. 

“Saat ini kami sedang gencarkan vaksinasi di destinasi wisata khususnya, terutama bagi yang berusia 18 tahun-30 tahun,” kata Suparmono, Sabtu (24/7/2021).

Suparmono menjelaskan, vaskin di Tebing Breksi dan Teras Merapi ini kelanjutan dari vaksin pelaku wisata sebelumnya. Yakni di Obelix Hills dan  Jogja Bay. 

Diharapkan dengan langkah ini, saat objek wisata dibuka sudah siap, baik fasilitas maupun sumber daya manusia (SDM). Terutama dalam penerapan prokes. “Saat ini semua objek wisata di Sleman masih ditutup,” ujarnya.

Bupati Sleman Kustini mengatakan, meski sudah divaksin dia meminta para pelaku wisata tetap mematuhi prokes. Sebab dari laporan meski sudah divaksin tetap terpapar Covid-19 karena abai terhadap prokes. 

Untuk itu prokes harus terus  dilakukan. Terutama menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

“Berulang kali kami sampaikan dan terus sosialisasikan, bahwa protokol kesehatan dan vaksin itu gunanya untuk saling melengkapi. Tidak bisa memilih salah satu dan mengabaikan yang lain," jelasnya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2