Perubahan Iklim Cepat, BMKG Gelar Sekolah Lapang bagi Nelayan Kulonprogo

Kuntadi ยท Kamis, 11 Agustus 2022 - 21:28:00 WIB
Perubahan Iklim Cepat, BMKG Gelar Sekolah Lapang bagi Nelayan Kulonprogo
Kepala BMKG Dwi Korita membuka sekolah lapang bagi nelayan Kulonprogo. (Foto: istimewa)

KULONPROGO, iNews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY menggelar sekolah lapang cuaca bagi nelayan (SLCN) yang ada di pesisir selatan Kulonprogo. Para nelayan diajari membaca iklim dan memprediksikan perubahan iklim sebelum melaut.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan SLCN ini diikuti 100 nelayan dari Kulonprogo dan Gunungkidul. Mereka dikenalkan dengan informasi kemaritiman, cara membaca dan memahami informasi tersebut, hingga alat-alat meteorologi maritim untuk menunjang kesiapan dalam melaut. 

“Nelayan kita sejak dulu menggunakan Pranata Mangsa yang berupa penanggalan berbasis peredaran semu matahari,” katanya, Kamis (11/8/2022). 

Namun, kondisi saat ini iklim terus berubah dan sulit diprediksi. Hal ini dipengaruhi kondisi alam, sehingga efek perubahan iklim ini banyak dirasakan para nelayan. Mereka sulit melaut untuk menangkap ikan. Ilmu titen menjadi kacau karena karena suhu muka air laut semakin menghangat.

“Kenaikannya sudah mencapai 29 derajat Celsius. Padahal kondisi normal 25-26 derajat Celsius sehingga makin sering terjadi gelombang tinggi, badai tropis,” katanya.

Imbas dari perubahan iklim ini membuat nelayan makin kesulitan mencari ikan. Namun perubahan cuaca juga menjadikan nelayan lebih berisiko untuk melaut.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: