Pesta Petasan di Lintas Selatan Bantul, Pemudik Diminta Waspada

Suharjono ยท Minggu, 02 Juni 2019 - 18:25 WIB
Pesta Petasan di Lintas Selatan Bantul, Pemudik Diminta Waspada
Petasan disita petugas kepolisian. (Foto: Dok iNews).

BANTUL, iNews.id - Para pemudik dan pengguna jalan di kawasan Lintas Selatan Kabupaten Bantul, DIY diminta waspada. Sebab, jalur tersebut setiap paginya menjadi ajang pesta petasan, bahkan yang berukuran raksasa.

Pagi tadi aparat kepolisian Polsek Srandakan Bantul melakukan penyisiran di lokasi yang berada di antara pantai Pandansimo, Pantai Baru hingga ke simpang empat Pantai Cangkring, Kecamatan Srandakan.

Petugas menjaga jalur tersebut agar tetap aman dan kondusif. Ajang pesta petasan di sana memang menjadi tontonan masyarakat. Tidak tanggung-tanggung, petasan berukuran 25 x 30 sentimeter diledakkan warga.

"Kita patroli pagi hari bersama 20 personel dan akhirnya kita berhasil membubarkan pesta petasan," kata Kapolsek Srandakan, AKP B Muryanto, kepada wartawan di Kabupaten Bantul, DIY, Minggu (2/6/2019).

Menurutnya, petugas kerap merazia wilayah tersebut. Beberapa kali ditemukan kasus narkoba, temuan senjata tajam, tawuran pelajar, hingga petasan. Dari operasi tersebut, petugas mengamankan ratusan petasan berbagai ukuran.

"Total ada 415 petasan kita amankan," ujar dia.

Dari sekian ukuran ada, beberapa petasan yang ukurannya cukup besar. Di antaranya ukuran 15 x 20 sentimeter (cm), 10 x 20 cm, 5 x 10 cm, 3 x 15 cm hingga ukuran 25 x 30 cm.

Pihaknya berharap masyarakat tidak lagi meledakkan petasan di sana, karena selain mengganggu, dapat membahayakan aktivitas warga.

"Kita beri peringatan kepada warga yang tadi kita kumpulkan, karena petasan berbahaya," ujarnya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal