Peternak Sapi di Bandung Diajak ke Sleman Belajar Produksi Pupuk Organik Padat

erfan erlin ยท Rabu, 21 September 2022 - 18:19:00 WIB
Peternak Sapi di Bandung Diajak ke Sleman Belajar Produksi Pupuk Organik Padat
Para peternak sapi di Bandung belajar di Kelompok Ternak Sedyo Mulyo Sleman.(Foto : MPI/erfan Erlin)

SLEMAN, iNews,id- Sejumlah peternak sapi perah asal Bandung Jawa Barat  belajar mengolah kotoran sapi menjadi pupuk organik padat di Kelompok Ternak Sedyo Mulyo Padukuhan Krapyak Kalurahan Triharjo Kabupaten Sleman, Rabu (21/9/2022). Kegiatan ini merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat Telkom University Bandung.

Koordinator program Kedaireka Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Rosad Ma'ali El Hafiz menuturkan untuk mengembangkan program UMKM, tahun ini ada 6 IKM yang mereka bantu. Salah satunya adalah peternak sapi perah di Alam Endah Kabupaten Bandung.

"Satu tahun yang lalu kami survei ke sini dan ini sangat tepat sekali untuk menimba ilmu. Kami mengajak komunitas peternak di Bandung yang sampai saat  ini kotoran sapinya belum dimanfaatkan,"ujar Rosad, di Sleman, Rabu (21/9/2022).

Kotoran sapi ini sangat baik untuk dijadikan pupuk organik. Oleh karenanya, Telkom university memfasilitasi peternak yang ada di daerah itu untuk mendapatkan ilmu di kelompok peternak Sedyo Mulyo Kabupaten Sleman ini. Sebab kelompok ternak ini sudah mengolah kotoran sapi menjadi pupuk organik padat selama 10 tahun terakhir 

"Pupuk padat organik sangat bermanfaat sekali. Terlebih saat ini pupuk kimia harganya tinggi dengan memanfaatkan pupuk organik ini dan kita beberapa pemerintah kembali kepada alam,"ujar dia.

Pihaknya sengaja membawa peternak Bandung ke Sleman untuk belajar membuat pupuk organik padat dari kotoran sapi. Sebab, jumlah peternak sapi di Bandung sangat banyak karena di setiap kabupaten ada. Sehingga sangat potensial untuk dikembangkan di Jawa Barat.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: