Polisi Bikin Marka Jalan Mirip Garis Start Balapan Motor GP di Yogyakarta

Gunarto Farhan ยท Sabtu, 25 Juli 2020 - 09:15 WIB
Polisi Bikin Marka Jalan Mirip Garis Start Balapan Motor GP di Yogyakarta
Marka jalan mirip arena balap di Yogyakarta. (Foto: iNews/Gunarto Farhan).

YOGYAKARTA, iNews.id - Polisi membuat tanda atau marka jalan di perempatan Timoho, Kota Yogyakarta, DIY, mirip garis start arena balap. Tujuannya agar batasan jarak bagi pengendara motor saat berhenti di lampu merah.

Pantauan iNews, anggota kepolisian bersama petugas dinas perhubungan (dishub) memberi jarak hingga 50 sentimeter ke samping dan dua meter ke belakang bagi setiap pengendara motor.

Marka jalan tersebut mirip garis start di sirkuit balapan motor GP. Namun tujuannya dibuat marka tersebut agar pengendara motor bisa tetap menerapkan social dan physical distancing saat di jalan raya.

"Dalam protokol kesehatan, kita diminta menjaga jarak. Karena itu, kami ingin para pengendara pun menjalankan SOP tersebut saat berhenti di lampu merah," kata Kasat Lantas Polresta Yogyakarta, AKP Imam Bukhori, Jumat (24/7/2020).

Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Agus Arief mengatakan, marka ini sekaligus mengedukasi warga pentingnya menerapkan physical distancing dalam berkendara untuk mencegah penularan Covid-19.

"Kami juga ingin warga paham, bahwa ini bukan untuk hiasan saja. Tapi untuk protokol kesehatan untuk penyebaran Covid-19," ujar dia.

Seorang warga yang juga pengendara jalan, Lucia, mengapresiasi pembuatan marka jalan yang mirip garis start arena balap motor GP. Dia berharap semua pemberhentian lampu merah di Kota Yogyakarta memiliki tanda seperti ini.

"Jadi pengendara motor tetap menerapkan protokol kesehatan untuk meminimalisasi penyebaran virus corona," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal