Polisi Tangkap Kakek Penjual Ciu di Kulonprogo, 156 Botol Ikut Diamankan

Budi Utomo ยท Selasa, 28 April 2020 - 10:05 WIB
Polisi Tangkap Kakek Penjual Ciu di Kulonprogo, 156 Botol Ikut Diamankan
Polres Kulonprogo mengungkar peredaran minuman keras jenis ciu (Foto : iNews./Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id – SMH (60), seorang kakek di Kabupaten Kulonprogo diamankan petugas Satreskrim Polres Kulonprogo. Dia telah menjual minuman keras beralkohol jenis ciu. Ikut diamankan 156 botol ciu yang dikemas dalam botol bekas air minum kemasan, 1,5 liter sebagai barang bukti.

“Tersangka ini menjual ciu di rumahnya,” kata Kasatreskrim Polres Kulonprogo AKP Munarso di Mapolres Kulonprogo, Senin (27/4/2020).

Pengungkapan peredaran ciu yang kerap dijadikan bahan miras oplosan ini merupakan hasil penyelidikan anggota kepolisian. Petugas langsung mengamankan tersangka di rumahnya berikut menyita barang bukti.

Dari pengakuannya, pelaku hanya menjualkan ciu dari seseorang yang kini masih dalam buron. Pemasok ini kerap datang ke rumah pelaku untuk memasok ciu yang dijual. Satu botol dijual dnegan harga Rp40.000. Sedangkan tersangka mendapatkan keuntungan Rp5.000 setiap botolnya.

“Setiap pekan dia bisa menjual beberapa botol kepada pelanggan,” ujarnya.

Sementara SMH mengaku hanya menjualkan ciu tersebut. Semua barang yang diamankan bukan miliknya dia hanya dititipi untuk menjualkan. Sebenarnya dia enggan menjual ciu tersebut. Selain tidak memiliki warung, dia sadar minuman tersebut dilarang. Namun dia tidak bisa menolak karena di bawah tekanan.

“Saya dititipi dan agak memaksa untuk menjualkan ini,” kata SMH.

Atas perbuatannya, pelaku akan dijerat dengan pasal 204 ayat 1 KUHP atau pasal 62 ayat 1 Jo Pasal 8 ayat 1 huruf a dan g, serta UU No 8/1999 tentang Perlindungan Konsumen dengan ancaman pidana maksimal 15 tahun. Polisi masih melakukan penyelidikan untuk mengungkap siapa pemasok minuman keras ini.


Editor : Kuntadi Kuntadi