Polres Gunungkidul Laksanakan Inovasi untuk Layani Masyakat dengan Cepat, Tepat dan Profesional

GUNUNGKIDUL, iNews,id- Polres Gunungkidul melaksanakan sejumlah inovasi untuk mewujudkan birokrasi yang efektif, efisien dan melayani masyarakat secara cepat, tepat, profesional dan bersih dari praktik KKN. Berbagai program inovasi ini dilakukan dalam rangka membangun zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK).
Wakapolres Gunungkidul Kompol Widya Mustikaningrum mengatakan, terdapat beberapa strategi di mana jajaran Polres sendiri berkomitmen dan konsisten mewujudkan hal tersebut. Di antaranya mencanangkan kegiatan yang dinamai Pelayanan Lansia (Pelan) dari Satuan Binmas.
"Ini dilakukan karena di Gunungkidul sendiri banyak terjadi kasus gantung diri dimana pelakunya adalah orang yang sudah lanjut usia," kata Wakapolres, Sabtu (25/06/2022).
Giat Pelan sendiri dilakukan oleh Polres dengan cara menyambangi dan memberikan bantuan sosial kepada warga masyarakat Gunungkidul khususnya yang lansia dan hidup di bawah garis kemiskinan. Kegiatan ini rutin dilakukan sebagai upaya pencegahan aksi bunuh diri dengan cara gantung diri.
Kegiatan ini mereka genjot mengingat angka bunuh diri di wilayah Gunungkidul hingga saat ini masih tinggi. Dan pihaknya sangat berkomitmen untuk berkolaborasi dengan pemerintah mengurangi angka bunuh diri.
Inovasi kegiatan lainnya yakni SKCK Dilan (pelayanan khusus difabel dan usia lanjut) dari Sat Intelkam, membuat laporan kehilangan secara online dari SPKT dan pelayanan Saturdaynight (pelayanan SIM di malam Minggu) dari Satlantas.
Tak hanya itu, gerakan Jumat Barokah dari Bagian Sumda, memberikan beras bagi masyarakat (Si Giras) dari Sat Binmas dan Bestol atau besuk tahanan online program dari Satuan Tahti juga rutin digelar untuk menciptakan semangat berbagi.
"Kami meyakini bahwa inovasi ini bakal masuk kriteria dalam penilaian sehingga nantinya akan dibawa ke Menpan mewakili wilayah (Polda DIY). Intinya kami mohon dukungan warga masyarakat Gunungkidul agar kedepan lebih semangat dan profesional dalam melayani,"terangnya.
Editor: Ainun Najib