Posyanduku, Aplikasi untuk Memantau Perkembangan Balita yang Praktis dan Mudah Diakses

Budi Utomo ยท Senin, 03 Januari 2022 - 22:58:00 WIB
Posyanduku, Aplikasi untuk Memantau Perkembangan Balita yang Praktis dan Mudah Diakses
Petugas Posyandu Nepi, Kranggan Galur Kulonprogo menggunakan aplikasi Posyanduku untuk mendata balita. (Foto: iNews.id/Budi Utomo)

KULONPROGO, iNews.id - Kader Posyandu di Pedukuhan IV Nepi, Kalurahan Kranggan, Galur, Kulonprogo meluncurkan aplikasi Posyanduku, untuk memudahkan administrasi dan pendataan tumbuh kembang balita. Aplikasi berbasis android ini memudahkan kader dalam merekap data setiap balita.

Aplikasi ini sangatlah mudah, petugas tinggal melakukan scan barcode dari setiap anak dan tinggal mengisi data hasil pemeriksaan. Cara ini lebih mudah dan simpel dibandingkan dengan cara-cara manual yang harus memasukkan pada kolom-kolom kertas dengan ukurana yang sangat kecil.

“Caranya mudah dan praktis, tinggal scan barcode kemudian mengisi data dan nanti terekap secara otomatis,” kata Ketua Posyandu Pedukuhan IV Nepi, Ekawati Murdaningsih, Senin (3/1/2022). 

Hasil rekapan ini juga bisa diakses setiap orang tua balita. Bahkan petugas dari puskesmas juga tinggal mengambil data yang ada di dalam aplikasi ini, tanpa harus melihat data secara manual dengan mendangi posyandu.

“Aplikasi ini juga memuat data lansia yang ada di setiap wilayah,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: