PPKM Turun ke Level 2, Pembelajaran Tatap Muka SD di Sleman Ditambah

Priyo Setyawan ยท Selasa, 19 Oktober 2021 - 17:50:00 WIB
PPKM Turun ke Level 2, Pembelajaran Tatap Muka SD di Sleman Ditambah
Pembelajaran Tatap Muka (PTM) jenjang SD (Foto: Ilustrasi/Ist)

SLEMAN, iNews.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman akan menambah uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) untuk jenjang SD dan SMP. Langkah ini ditempuh seiring keputusan pemerintah yang menetapkan DIY masuk dalam PPKM level 2. 
 
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sleman, Ery Widaryana mengatakan adanya penurunan ini akan diikuti dengan penambahan SD yang melaksanakan Pembelajaran tatap muka. Jika saat ini hanya ada lima SD di setiap kapanewon, makanya akan ditambah lagi lima menjadi 10 SD di setiap kapanewon. 

“Nanti akan ada 10 SD di setiap kapanewon yang menggelar PTM, sehingga keseluruhan akan ada 170 SD dari 511 SD di seluruh Sleman,” katanya. 

Selama masa transisi ini, jumlah SD yang melaksanakan PTM tetap sama. Begitu juga dengan waktu bpembelajar hanya 2 jam untuk SD dan 3 jam untuk SMP. Setiap pekannya juga hanya masuk dua kali. Sedangkan untuk tingkat SMP di gelar di 119 SMP se-Sleman. Kegiatan ini diawali dengan asesmen nasional berbasis komputer (ANBK) pada 4 Oktober 2021.

Ery menjelaskan dari hasil evaluasi PTM selama sepekan berjalan lancar dan aman. Semua sekolah telah menjalankan protokol kesehatan (prokes) dengan baik, petunjuk teknis yang disampaikan Pemkab Sleman juga dilaksanakan oleh sivitas sekolah.

"Kerjasama dengan orang tua baik, dukungan mereka luar biasa dan mereka tepat waktu mengantar dan menjemput anak, jadi tak ada kerumunan," paparnya.

Untuk itu pelaksanaan PTM akan terus dievaluasi, ketika ada pelonggaran tentu situasi dan kondisi akan menyesuaikan.  Secara umum sebenarnya semua sekolah di Sleman sarana dan prasarana protokol kesehatan sudah siap dan sudah meminta rekomendasi ke Gugus Tugas, hanya belum izinkan karena kebijakan tentu tidak frontal.
 
“Kami lihat perkembangan seperti apa," ungkapnya.

Sedangkan untuk memastikan PTM yang dilaksanakan berjalan dengan baik, akan melakukan tes usap sampling bagi guru dan siswa yang melaksanakan PTM, khususnya di sekolah wilayah zona merah
 
 

Editor : Kuntadi Kuntadi

Bagikan Artikel: