Progres Pembangunan Jalur Kereta Bandara YIA Sudah 84 Persen

Kuntadi ยท Senin, 22 Maret 2021 - 22:30:00 WIB
Progres Pembangunan Jalur Kereta Bandara YIA Sudah 84 Persen
Jprogres pembangunan jalur kereta bandara YIA sudah 84 persen, dan akan disegera dipasang jembatan. (Foto: istimewa)

KULONPROGO, iNews.id – Pembangunan jalur kereta Bandara YIA di Kabupaten Kulonprogo sudah mencapai 84 persen. Pekerjaan fisik ini ditargetkan selesai pada bulan Juli agar pada bulan Agustus sudah bisa dioperasionalkan. 

“Saat ini sudah 84 persen dan bulan Agustus sudah bisa operasional,” kata PPK Kegiatan Pengembangan Perkeretaapian Area 1 Balai Teknik Perkeretaapian Kelas 1 Wilayah Jawa Bagian Tengah Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Dheky Martin, disela pengecekan kegiatan proyek fisik di Kulonprogo, Senin (22/3/2021). 

Salah satu pekerjaan fisik yang akan dilakukan adalah pemasangan jembatan yang melintasi jalan nasional di Kaligintung, Temon. Ujicoba pemasangan akan dilaksanakan pada 24 Maret mulai pukul 22.00 WIB sampai dengan pukul 05.00 WIB. Nantinya jalur akan ditutup dan pengendara dialihkan melalui JJLS.

Sedangkan pemasangan jembatan akan dilakukan pada 27 Maret pada jam yang sama. Untuk itulah pengguna jalan agar bisa memaklumi adanya pengalihan ini. Sedangkan untuk kendaraan berat dan panjang pada jam itu bisa berhenti di sekitar jembatan timbang Kulwaru di sisi timur atau di rest area di sisi barat. 

“Jadi dua kali jalur ini akan ditutup, untuk kendaran kecil akan dialihkan ke selatan lewat JJLS dan melewati underpass,” katanya.   

Kasatlantas Polres Kulonprogo, AKP Purwantana mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan rekayasa lalulintas mensikapi penutupan ini. Nantinya bekerjasa dengan Dinas Perhubungan akan dipasang rambu tambahan. Selama penutupan juga akan ada petugas yang bersiaga di jalur pengalihan.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2