Proyeksikan Sebagai Rumah Sakit, Gunungkidul Manfaatkan Puskesmas Bedoyo untuk Isoter

erfan erlin ยท Jumat, 25 Maret 2022 - 20:55:00 WIB
  Proyeksikan Sebagai Rumah Sakit, Gunungkidul Manfaatkan Puskesmas Bedoyo untuk Isoter
Ruangan di Puskesmas Bedoyo yang digunakan sebagai Isoter. (Foto : MNC Group/erfan erlin)

GUNUNGKIDUL, iNews.id- Pemerintah Kabupaten Gunungkidul berencana akan meningkatkan status Puskesmas Bedoyo sebagai Rumah Sakit Tipe D. Sebagai tahapan awal, mereka telah memanfaatkan bangunan Puskesmas Bedoyo sebagai tempat isolasi terpusat sejak tanggal 15 Maret 2022 lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, Dewi Irawaty menuturkan, pemanfaatan puskesmas yang diproyeksikan menjadi Rumah Sakit Daerah Tipe D ini dimaksudkan menyediakan tempat isolasi bagi warga Gunungkidul yang tidak memiliki tempat isolasi mandiri. 

Mereka yang diperkenankan menjalani isolasi di shelter terpusat adalah warga Gunungkidul dan hanya mengalami gejala ringan saja atau Orang Tanpa Gejala (OTG).

"Pelayanan yang diberikan mulai dari pemeriksaan secara berkala, kebutuhan permakanan, fasilitas yang memadai dan bersih. Kapasitas di shelter ini 20 tempat tidur," kata Dewi Irawaty, Jumat (25/03/2022). 

Dia menjelaskan, pemanfaatan selter ini untuk mempermudah pemantauan para pasien Covid-19. Di Gunungkidul sendiri, beberapa pekan lalu sempat terjadi lonjakan kasus Covid-19. Ribuan orang diketahui menjalani isolasi mandiri dan beberapa harus menjalani perawatan di rumah sakit karena kondisi mereka. 

Namun seiring dengan penanganan yang tepat, kasus terkonfirmasi mulai menurun dan angka kesembuhan mulai meningkat. Di mana kasus sembuh beberapa hari terakhir lebih tinggi jika dibandingkan dengan kasus baru. 

"Seperti hari ini saja kasus sembuh sebanyak 80 orang. Di selter terpusat sekarang juga kosong," katanya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: