PT Angkasa Pura Siagakan Satgas Awasi Layangan di Jalur KKOP

Kuntadi · Senin, 26 Oktober 2020 - 15:18:00 WIB
PT Angkasa Pura Siagakan Satgas Awasi Layangan di Jalur KKOP
Kadisops Lanud Adisujtipo Kol Pnb Sri Raharajo (kanan) menunjukkan layang-layang yang diamankan di kawasan Bandar. (Foto: Sindonews/Priyo Setyawan)

KULONPROGO, iNews.id – PT Angkasa Pura I telah membentuk satgas khusus untuk mengamankan jalur penerbangan dari gangguan layang-layang. Warga yang tertangkap menerbangkan layang-layang akan ditindak tegas dengan sanksi pidana.

“Sebelum insiden kami sudah ada satgas. Tetapi setelah ada kejadian kami akan lebih tegas,” kata General Manager Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) Agus Pandu Purnama, Senin (26/10/2020).

Satgas ini sudah dibentuk sejak bulan Mei silam, dan terus melakukan penertiban. Sejumlah layang-layang milik warga disita karena diterbangkan di jalur pendaratan pesawat. Tidak sedikit layang-layang ini ditinggal pemiliknya di persawahan dengan diikat pada pohon.

Pandu mengatakan, pihaknya telah mendapatkan dari Kementerian Perhubungan untuk menangkap siapa pun yang menerbangkan layang-layang di kawasan keselamatan operasi penerbangan (KKOP). Imbauan kepada warga untuk tidak menerbangkan layang-layang juga sudah disampaikan kepada bupati agar diteruskan kepada masyarakat.Pelanggar bisa dijerat pidana dengan Undang-Undang No 1 tahun 2009 tentang Penerbangan. Siapa pun yang melakukan kegiatan berakibat mengganggu keselamatan penerbangan seperti menerbangkan layang-layang, balon udara dan drone di sekitar KKOP bisa dikenai sanksi penjara maksimal 3 tahun atau denda sebesar Rp1 miliar.

“Aturannya sudah jelas, makanya kami minta warga untuk tidak bermain layangan di KKOP,” kata Pandu yang menjabat pelaksana tugas sementara (PTS) Bandara Adisutjipto, Yogyakarta ini.

“Untuk di YIA cenderung lebih aman dan tidak banyak yang menerbangkan layang-layang,” katanya.

Sebelumnya pada Kamis (22/10/2020), PT Angkasa Pura menemukan gangguan pada penerbangan Citilink dari Halim Perdanakusumo yang mendarat di Adisutjipto. Sebuah pesawat tersangkut di roda pesawat. Beruntung pesawat bisa mendarat dengan aman tanpa ada gangguan.

Editor : Kuntadi Kuntadi