Pulang dari Sukabumi, 8 Anggota Polda DIY Positif Covid-19

Antara ยท Sabtu, 13 Juni 2020 - 07:55 WIB
Pulang dari Sukabumi, 8 Anggota Polda DIY Positif Covid-19
Anggota Polri menjalani rapid test. (Foto: Antara).

YOGYAKARTA, iNews.id - Delapan orang anggota Polda DI Yogyakarta yang sempat mengikuti Sekolah Inspektur Polisi (SIP) di Setukpa Lemdikpol Sukabumi, Jawa Barat, dinyatakan positif Covid-19. Namun mereka berstatus orang tanpa gejala atau OTG.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY, Berty Murtiningsih mengatakan, delapan pasien yang merupakan personel polisi ini, sekarang dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara Yogyakarta.

"Informasi rumah sakit sebagian besar mereka OTG siswa Setukpa," kata Berty dalam keterangannya di Kota Yogyakarta, DIY, Jumat (12/6/2020) kemarin.

Dia menyebutkan delapan polisi itu tercatat sebagai pasien kasus 256 berusia 36 tahun dan kasus 261 (36 tahun) asal Kabupaten Bantul. Kemudian pasien kasus 257 (39 tahun), pasien kasus 258 (37 tahun), pasien kasus 259 (34 tahun), dan pasien kasus 260 (33 tahun) asal Kabupaten Sleman.

"Selanjutnya pasien kasus 262 berusia 35 tahun dan pasien kasus 263 (34 tahun) asal Kota Yogyakarta," ujar dia.

Setelah pulang dari Setukpa Lemdikpol Sukabumi, Jawa Barat, mereka menjalani penelusuran (tracing) massal di Sekolah Polisi Negara (SPN) di Selopamiro, Bantul. Dari sanalah diketahui ada sembilan orang reaktif rapid test dan delapan positif tes swab.

Sementara itu Kabid Humas Polda DIY, Kombes Pol Yuliyanto, menjelaskan jumlah polisi dari Polda DIY yang tercatat sebagai siswa Sekolah Inspektur Polisi (SIP) di Setukpa Lemdikpol Sukabumi sebanyak 19 orang.

Karena situasi pandemi Covid-19, mereka kemudian dikembalikan ke Yogyakarta pada 26 April 2020 dan langsung melanjutkan pendidikan SIP secara jarak jauh di SPN Selopamiro Bantul. Namun karena sempat berada di luar daerah, para anggota polri ini langsung menjalani rapid test.

"Semua sudah menjalani rapid test beberapa kali. Hasil terakhir sembilan orang reaktif, dan langsung tes swab. Ada delapan orang dipastikan positif Covid-19," kata Kombes Pol Yulianto.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal