Puluhan Senjata Api Jenis SS1 Milik Kodim Kulonprogo Diperiksa Denpal

Kuntadi ยท Kamis, 04 Juni 2020 - 15:00:00 WIB
Puluhan Senjata Api Jenis SS1 Milik Kodim Kulonprogo Diperiksa Denpal
Tim Harpal Denpal memeriksa senjata api jenis SS1 di Kodim Kulonprogo. Foto : Kuntadi/iNews.id

KULONPROGO, iNews.id – Puluhan senjata api laras panjang jenis senapan serbu (SS1) milik Kodim 0731 Kulonprogo dicek oleh Tim Pemeliharaan Peralatan (Harpal) Detasemen peralatan (Denpal) IV/2 Yogyakarta. Senjata ini menjadi bagian dari dari alat utama sistem persenjataan (alutsista) dalam mendukung tugas TNI.

Kepala Urusan Pemeliharaan Denpal IV/2 Kapten Sunarto mengatakan, perawatan ini sudah rutin dilaksanakan. Ada yang dilakukan setiap tiga bulan ataupun enam bulan sekali tergantung jenisnya.

“Pengecekan dan perawatan ini, untuk memastikan fungsinya berjalan dengan baik,” ujarnya, di sela memimpin perawatan di Kodim Kulonprogo, Kamis (4/6/2020).

Perawatan hari ini lebih fokus pada senjata api laras panjang SS1. Dalam melakukan perawatan mereka menggunakan cara dan material khusus. Setiap senjata ini dipisahkan bagian-bagiannya seperti barrel dan rifling. Senjata ini juga dibersihkan dengan air dan detergen sebelum dicat ulang dengan alat semprot.

“Kalau pengecatan ini agar tidak berkarat, tetapi perawatan ada minyak khusus,” katanya.

Senjata api ini, merupakan bagian dari alat utama sistem persenjataan (alutsista). Perawatan material harus rutin dilaksanakan untuk mendukung kelancaran tugas. Pemeriksaan laras sangat penting karena menjadi bagian dari fungsi senjata. Laras yang sudah aus akan menjadikan amunisi tidak bisa ditembakkan dan bisa meledak di dalam laras.

“Kita periksa dengan alat khusus untuk melihat tingkat keausan laras,” katanya.

Denpal memiliki kemampuan dalam melakukan perawatan semua senjata api yang dimiliki TNI. Mulai dari senjata api laras panjang, pistol meriam, hingga kendaran tempur maupun alat berat lainnya. Perawatan dan penanganan peralatan inipun berbeda, tergantung fungsi dari setiap peralatan.

“Kendalanya tidak ada, kita sudah dibekali dengan ketrampilan,” ujarnya.

Editor : Kuntadi Kuntadi