Rantis Maung Pindad Ada Versi untuk Sipil, Harganya Rp600 Juta

Arif Budianto · Kamis, 21 Januari 2021 - 22:53:00 WIB
Rantis Maung Pindad Ada Versi untuk Sipil, Harganya Rp600 Juta
Kendaraan taktis ringan Maung 4X4 buatan PT Pindad dibanderol dengan harga Rp600 juta. (Foto: Istimewa/PT Pindad)

BANDUNG, iNews.id -  Rantis Maung buatan Pindad ada yang untuk versi sipil. Rencananya kendaraan taktis ringan 4X4 versi sipil bakal dijual dengan kisaran harga Rp600 juta per unit tergantung tipe dan kelengkapannya.

Direktur Utama PT Pindad (Persero) Abraham Mose mengatakan, Pindad berkomitmen masuk ke pasar komersial untuk kendaraan Maung versi sipil. Kendaraan ini diperkirakan akan dirilis pada pertengahan tahun 2021.

"Progress saat ini sedang memasuki tahapan persiapan komersialisasi dengan mengundang berbagai mitra termasuk ahli otomotif dan kolektor untuk berdiskusi lebih lanjut. Tahap perizinan untuk kendaraan versi sipil juga sedang dijajaki karena tentu terdapat perbedaan dengan izin produksi kendaraan militer yang sudah didapatkan sebelumnya," kata Abraham dalam siaran persnya, Kamis (21/1/2021).

Menurut dia, tahapan produksi Maung versi sipil juga akan melibatkan ekosistem industri otomotif di dalam negeri. Spesifikasi Maung versi sipil tentunya akan berbeda dengan versi militer karena terdapat kelengkapan versi militer yang tidak akan digunakan dalam versi sipil. 

Di antaranya bracket senjata, roll bar dan beberapa penyesuaian lainnya. "Saat ini Pindad juga sedang melakukan tahap pengujian terhadap 10 pabrikan untuk dipilih mesin mana yang akan digunakan," ujarnya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2