Ratusan Warga Pandak Bantul Gelar Upacara Kemerdekaan dengan Konsep Adat Jawa

erfan erlin ยท Rabu, 17 Agustus 2022 - 12:22:00 WIB
Ratusan Warga Pandak Bantul Gelar Upacara Kemerdekaan dengan Konsep Adat Jawa
Warga Bergan, Pandak, Bantul menggelar upacara 17 Agustus dengan mengenakan pakaian Jawa dan iringan gamelan. (foto: iNews.id/Erfan Erlin)

BANTUL, iNews.id - Warga Padukuhan Bergan, Kalurahan Wijirejo, Kapanewon Pandak, Bantul menggelar upacara peringatan 17 Agustus, Rabu (17/8/2022). Uniknya, seluruh peserta menggunakan pakaian adat Jawa lengkap dengan iringan gamelan

Upacara bendera di Bergan, merupakan kali pertama digelar warga dalam memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia ke-77. Meski sederhana, namun tidak mengurangi semangat nasionalisme warga. 

“Ini baru pertala kali digelar, dan warga sepakat menggunakan pakaian Jawa dan iringan gamelan,” ujar Dukuh Bergan, Nanan Widiya.

Konsep Jawa merupakan ide untuk menumbuhkan tradisi Jawa di tengah-tengah masyarakat Bergan. Hal ini perlu dilakukan untuk mengenalkan adat Jawa kepada generasi muda saat ini. Tujuannya agar anak-anak memahami tradisi dan tidak tergerus kemajuan zaman. 

Upacara HUT RI ke-77 juga menjadi wahana untuk menyatukan kembali kerukunan antar generasi masyarakat Bergan. Sebab ada dualisme yang tumbuh ditengah-tengah masyarakat. Masyarakat Bergan terpecah menjadi dua kubu yang terpisah.

"Dengan pendekatan adat dan tradisi diharapkan bisa menyatukan kembali masyarakat Bergan mulai dari anak muda sampai orangtua," lanjutnya.

Momentum ini juga mengandung pesan kepada masyarakat untuk selalu menjaga kerukunan, rasa toleransi, gotong royong untuk menjaga keutuhan NKRI.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Bagikan Artikel: