Rektor UGM: Internalisasi Pancasila bagi Generasi Muda Harus Simpel dan Mudah Dicerna

Priyo Setyawan ยท Selasa, 01 Juni 2021 - 13:42:00 WIB
Rektor UGM: Internalisasi Pancasila bagi Generasi Muda Harus  Simpel dan Mudah Dicerna
Civitas UGM menggelar upacara peringatan hari lahir Pancasila di halaman Balairung, UGM, Selasa (1/6/2021). (Foto: Dok/Humas UGM).

SLEMAN, iNews.id – Internalisasi nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda harus disesuaikan dengan kondisi dan perilaku saat ini. Mahasiswa butuh cara yang simpel, mudah dicerna dan mengedepankan aspek visual dalam memahami nilai luhur Pancasila. 

“Hal lain yang tidak kalah penting membangun ruang-ruang diskusi yang dapat mengakomodasi pertukaran pemikiran kritis dari para mahasiswa,” kata Rektor UGM, Panut Mulyono saat upacara memperingati hari lahir Pancasila di halaman Balairung UGM, Selasa (1/6/2021).

Panut mengatakan, semangat militansi generasi muda harus dapat diarahkan ke jalur yang benar, untuk kesejahteraan dan kemuliaan bangsa dan negara. Tema hari lahir Pancasila “Pancasila dalam Tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh" diharapkan menjadi working ideology yang dapat dirasakan di semua lini kehidupan masyarakat Indonesia.
 
“Karena Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara harus dipahami oleh seluruh warga negara, maka Pancasila menjadi penting untuk diajarkan kepada seluruh peserta didik,” ujarnya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2