Rektor UGM Sebut Presidensi G20 Jadi Bukti Indonesia Pulih Lebih Cepat

Antara ยท Rabu, 17 Agustus 2022 - 13:58:00 WIB
Rektor UGM Sebut Presidensi G20 Jadi Bukti Indonesia Pulih Lebih Cepat
Rektor Universitas Gadjah Mada Prof Ova Emilia menjadi inspektur upacara memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Halaman Balairung UGM, Yogyakarta, Rabu (17/8/2022). (Foto : Humas UGM)

YOGYAKARTA, iNews,id - Rektor UGM Ova Emilia menyebut Presidensi G20 Tahun 2022 menjadi bukti Indonesia mampu mengawali semangat pulih lebih cepat. Semangat gotong royong disebut jadi daya ungkit percepatan pemulihan negeri.

Hal ini disampaikan Ova Emilia saat memberikan sambutan dalam upacara memperingati HUT Ke-77 Kemerdekaan RI di Halaman Balairung UGM, Yogyakarta, Rabu (17/8/2022).

"Presidensi G20 Tahun 2022 setidaknya menjadi bukti, bagaimana Indonesia mengawali semangat untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat," ujarnya. 

Menurut Ova, kekuatan dan ketangguhan untuk bangkit dengan semangat gotong royong yang melambangkan semangat persatuan dan sinergi antarlini menjadi daya ungkit percepatan pemulihan negeri.

Bangkit serta pulih lebih cepat, tutur Ova, ditunjukkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dalam menjalin kolaborasi global, bergotong royong memulihkan, serta membangkitkan sistem pendidikan sehingga menjadi angin segar bagi ekosistem pembelajaran di Indonesia.

"Kurikulum Merdeka dan platform Merdeka Mengajar, program mahasiswa magang atau belajar di luar kampus, perluasan program beasiswa, serta dukungan pendanaan bagi seniman dan pelaku budaya menjadi perca-perca terobosan 21 episode Merdeka Belajar," kata dia.

Sesuai pidato Mendikbudristek dalam sambutannya untuk memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, kata dia, semua anak Indonesia harus bisa merasakan kemerdekaan sebenarnya, yakni kemerdekaan untuk bisa belajar dengan bahagia.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: