Residivis Spesialis Pembobol Konter Handphone Dibekuk Polres Bantul

Kuntadi · Selasa, 28 Juli 2020 - 15:00 WIB
Residivis Spesialis Pembobol Konter Handphone Dibekuk Polres Bantul
Polres Bantul mengungkap kasus pencurian handphone. (foto : Humas Polres Bantul)

BANTUL, iNews.idSatreskrim Polres Bantul, berhasil mengungkap kasus pencurian konter handphone di Jalan Imogiri, Bantul, pada bulan Maret silam. Pelaku AG (53) warga, Semarang, Tengah merupakan seorang residivis pencurian.

Kabag Ops Polres Bantul, Kompol Bambang Suharyanto mengatakan aksi pencurian ini dilakukan pelaku pada 19 Maret 2020 lalu. Pelaku datang ke Yogyakarta bersama dengan keluarganya untuk berwisata. Ketika keluarganya berada di hotel, pelaku berkeliling untuk mencari sasaran pencurian.

Pelaku akhirnya menemukan konter Aline Cell yang ada di depan Pasar Imogiri, Bantul. Pelaku masuk ke dalam konter setelah merusak gembok untuk membuka folding gate pada dini hari dan membawa kabur handphone dan sejumlah voucher pulsa dan paket data.

“Pelaku ini datang untuk wisata, namun juga mencari sasaran pencurian. Dia memilih konter yang tidak dijaga,” kata Bambang, Selasa (28/7/2020).

Pada pagi harinya, korban Maliky Rochim yang hendak membuka konter kaget mendapati pintu foldig gate sudah rusak. Saat dibuka, kondisinya acak-acakan dan beberapa handphone dan voucher pulsa hilang. Kasus inipun dilaporkan ke polisi dan ditindaklanjuti dengan penyelidikan.

“Dari hasil penyelidikan, kita amankan pelaku di Semarang,” katanya.

Kasat Reskrim Polres Bantul, AKP Ngadi mengatakan, pelaku merusak kunci folding gate dengan menggunakan kunci L yang sudah dipipihkan. Pelaku merupakan maling spesialis pencurian konter yang ditinggal oleh pemiliknya.

“Sebelum beraksi, pelaku ini menentukan sasaran sambil wisata,” katanya.
Sementara itu, pelaku melakukan aksi pencurian karena alasan ekonomi. Selama ini dia bekerja sebagai pedagang bensin eceran dengan hasil yang tidak seberapa.

“Selama di Yogyakarta saya kehabisan bekal,” katanya.
Pelaku akan dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian. Ancaman hukumannya tujuh tahun penjara.


Editor : Kuntadi Kuntadi