Ribuan Pedagang Pasar di Sleman Jadi Sasaran Vaksinasi Covid-19

Priyo Setyawan ยท Kamis, 24 Juni 2021 - 19:15:00 WIB
Ribuan Pedagang Pasar di Sleman Jadi Sasaran Vaksinasi Covid-19
Pedagang pasar mengikuti vaksin Covid-19 di Balai Kalurahan Candibinangun, Pakem, Sleman, Kamis (24/6/2021). (Foto: MNC Portal/Priyo Setyawan)

SLEMAN, iNews.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman menggelar vaksinasi Covid-19 massal kepada pedagang pasar tradisional di Balai Kalurahan Candibinangun, Pakem, Sleman, Kamis (24/6/2021). Vaksinasi ini untuk mempercepat terbentuknya herd immunity untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan klaster pasar.

Vaksinasi ini diikuti 1.200 pedagang yang terdiri atas pedagang Pasar Pakem, Pasar Srowolan,  Pasar Turi,  Pasar Hewan Pakem dan Pedagang di Terminal Pakem. Untuk vaksinasi ini melibatkan 60 vaksinator dari Dinas Kesehatan (Dinkes), IDI dan PPMI Sleman serta relawan.

Kabid Penanggulanan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Sleman Novita Krisnaeni mengatakan, vaksinasi Covid-19 ini merupakan kelanjutan dari vaksin bagi pedagang pasar yang sebelumnya telah dilaksanakan. Untuk pemberian vaksin ini dibagi dua, baik pasar yang dikelola oleh kabupaten dan yang dikelola oleh kalurahan.

“Untuk pasar yang dikeloka kabupaten tahap pertama vaksinasi dijadwalkan sampai akhir bulan Juni tahun 2021,” katanya, Kamis (24/6/2021).

Sedangkan pasar yang dikelola kalurahan akan melaksanakan vaksinasi setelah bulan Juni 2021, melalui puskesmas sesuai dengan wilayahnya. Vaksin yag digunakan untuk para pedangan pasar ini vaksin AstraZeneca.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2